Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan meresmikan 40 Taman Kanak-Kanak (TK) dalam wilayah Aceh Selatan guna meningkatkan partisipasi belajar anak 
 
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, Senin mengatakan pendidikan anak pada usia dini merupakan pondasi dari pendidikan karakter. 
 
"Jika pondasi tersebut kokoh, maka seluruh unsur dan struktur bangunannya akan kuat. namun sebaliknya, betapapun bagusnya pendidikan setelah periode usia tersebut, akan mudah runtuh jika pondasinya tidak kokoh," kata Cut Syazalisma.
 
Pj Bupati Aceh Selatan menjelaskan keberadaan taman kanak-kanak sebagai mitra keluarga, merupakan wadah bagi orang tua dan juga pendidik untuk mempersiapkan anak-anak kita para permata bangsa, sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang.
 
Menurutnya, penyelenggaraan pendidikan di taman kanak-kanak tentunya membutuhkan pendekatan yang berbeda, karena pendidik dituntut untuk mampu berkreasi dan berinovasi, serta tidak kaku dengan rutinitas membosankan. 
 
"Hal ini dimaksudkan agar anak-anak dapat berkembang kecerdasannya, sekaligus merasakan pengertian serta kasih sayang," kata Cut Syazalisma.
 
Ia menambahkan peresmian penegerian 40 Taman Kanak-kanak sebagaimana dilaksanakan pada hari ini, merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan dengan dukungan sinergitas berbagai pemangku kepentingan secara holistik dan integratif.
 
"Momen bersejarah penegerian hari ini, merupakan bentuk kehadiran Pemerintah Daerah ditengah-tengah masyarakat, dengan harapan nantinya TK Negeri mampu mengembangkan diri untuk menjadi model pendidikan anak usia dini yang terbaik dan terus berpacu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Aceh Selatan yang kita cintai," kata Cut Syazalisma.
 
Namun demikian, kata Pj Bupati Aceh Selatan mengingatkan bahwa pendidikan anak bukanlah semata-mata tanggung jawab tenaga pendidik, karena orang tua juga memiliki peran yang sangat penting. maka dari itu kedua belah pihak harus bekerjasama. 
 
Cut Syazalisma menyampaikan antara pendidik dengan orang tua anak dapat menjalin komunikasi yang baik, guna proses tumbuh kembangnya dapat berjalan dengan optimal sebagaimana yang diharapkan.
 
Pemkab Aceh Selatan berkomitmen untuk terus berupaya mewujudkan peningkatan mutu pendidikan tentunya dengan dukungan seluruh unsur yang ada. 
 
"Dengan kesadaran kita bersama bahwa pendidikan memberikan kontribusi penting bagi kemajuan dan kemakmuran masa depan bangsa, untuk terus dapat bergerak maju ke depannya," kata Pj Bupati Aceh Selatan.

Baca juga: Buka seminar mahasiswa, ini pesan Pj TP-PKK Aceh Selatan

Pewarta: Risky Hardian Saputra

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024