Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Sembilan tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-30 di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, 23-28 Agustus 2017.

Kepastian lolosnya sembilan tim PKM Unsyiah ini didapat setelah pengumuman yang dikeluarkan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

"Unsyiah meloloskan tim terbanyak dibandingkan dengan perguruan tingi lainnya di sumatera," kata Rektor Unsyiah, Samsul Rizal di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan dari sembilan tim PKM tersebut, enam di antaranya berasal dari Fakultas Teknik (FT), dua dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan satu dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Ada pun jenis dari PKM, tersebut masing-masing dua judul merupakan PKM Sosial Humaniora (PKMSH), tiga dari PKM Penelitian Eksakta (PKMPE), tiga dari PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM), serta satu dari PKM Karsa Cipta (PKM KC).

Ia menjelaskan secara nasional Unsyiah berada di peringkat ke-13 sebagai pemilik tim PKM terbanyak di PIMNAS, dari 89 perguruan tinggi yang tim PKM-nya berhasil masuk PIMNAS.  PIMNAS merupakan ajang kompetisi ilmiah antar mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang digelar tiap tahun.

Unsyiah mengirimkan sebanyak 415 proposal untuk didanai oleh Kemenristekdikti, namun hanya 35 proposal yang didanai dan sembilan dari 35 proposal tersebut terpilih sebagai wakil Unsyiah di PIMNAS ke-30.

"Prestasi tingkat nasional selalu istimewa, karena itu kita sudah merancang cara, agar prestasi mahasiswa Unsyiah di pentas nasional semakin meningkat di masa mendatang," demikian Samsul Rizal.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017