Dua rumah warga di pesisir pantai Desa Kuala Peudawa Puntong, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, mengalami kerusakan akibat abrasi menyusul gelombang besar yang melanda daerah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Selasa, mengatakan rumah yang rusak akibat abrasi pantai tersebut yakni milik Sakdiah dan Samiah Ismail (62).

"Bencana alam tersebut terjadi Selasa (17/9) sekira pukul 10.00 WIB. Satu rusak berat dan satu lagi hanya rusak ringan. Dua unit rumah itu terletak di tepi pantai," kata Ashadi.

Baca: UMKM di Aceh Timur gunakan QRIS dukung PON XXI

Ashadi menyebutkan pihaknya sudah mendirikan satu unit tenda untuk penampungan penghuni rumah yang terdampak abrasi. Selain itu juga menyalurkan bantuan tanggap darurat seperti beras, minyak, pakaian serta perlengkapan shalat dan lainnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Timur Amrullah M Ridha mengatakan abrasi pantai di wilayah tersebut bukanlah kali pertama. Abrasi pantai tersebut sudah berulang kali dan mengancam pemukiman penduduk.

"Kami segera mengusulkan pemasangan pemecah ombak guna menghentikan abrasi yang terus menggerus pantai di gampong tersebut. Ada sekitar 500 meter lagi batu pemecah ombak yang masih perlu dipasang," kata Amrullah M Ridha.

Baca: Pemkab Aceh Timur bangun jembatan di pedalaman

 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024