Penampilan seni budaya Aceh, Ratoeh, berhasil memukau para undangan di acara deklarasi Pemilu damai yang diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di halaman kantor bupati setempat, dBlangpidie pada Minggu.

Ketua KIP Abdya Iswandi mengatakan bahwa penampilan seni budaya Aceh di ajang deklarasi damai ini memiliki makna yang mendalam.

 “Seni budaya ratoeh membawa pesan keindahan dan kedamaian untuk pemilu yang sejuk tanpa masalah,” ujarnya.

Iswandi juga mengajak seluruh elemen masyarakat, partai politik, dan semua pihak untuk bersama-sama menciptakan Pilkada damai di Abdya.

“Harapan kita adalah agar Pilkada di Abdya ini bisa berjalan seperti Pemilu legislatif kemarin tanpa kendala, dan kita memperoleh penghargaan saat itu,” ujarnya. 

Pembina Group Ratoeh Seni Rampak Sagoe Mursyidin menceritakan bahwa anak didiknya telah beberapa kali tampil di luar daerah, termasuk dalam Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) baru-baru ini. 

“Memang baru tiga tahun terbentuk, dan Alhamdulillah, sudah tampil beberapa kali di luar daerah termasuk di PKA,” katanya.

Mursyidin berharap deklarasi damai ini dapat menghasilkan pemilu yang damai dan terpilihnya kepala daerah yang memperhatikan seni budaya Aceh. 

“Semoga bisa hadir pemimpin yang memperhatikan seni budaya Aceh, sehingga keterampilan yang dimiliki oleh anak Abdya khususnya bisa tertampung dengan baik,” harapnya.

Menurut Mursyidin, seni budaya merupakan salah satu aspek yang bisa membawa dan mengangkat nama baik daerah, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

 “Tentu jangan dipandang sebelah mata, sehingga seni budaya tidak luput dari perhatian pemerintah daerah ke depan,” ujarnya.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang deklarasi damai, tetapi juga menjadi panggung bagi seni budaya Aceh untuk bersinar dan menginspirasi banyak orang. Semoga semangat kedamaian dan keindahan seni budaya terus menyala di hati masyarakat.

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024