Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh melibatkan sebanyak 677 personel untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Seulawah 2024 di Provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Sebanyak 677 personel dilibatkan untuk mendukung Operasi Zebra Seulawah 2024 di Provinsi Aceh," kata Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Aceh Kombes Pol Joko Susilo di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan Joko Susilo usai menjadi inspektur apel Operasi Zebra Seulawah 2024 di halaman Mapolda Aceh.

Ratusan personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Seulawah di Provinsi Aceh tersebut terdiri 130 personel dari Polda Aceh serta 547 personel dari polres jajaran dan instansi terkait lainnya.

Perwira menengah tersebut menyebutkan Operasi Zebra Seulawah 2024 berlangsung selama 14 hari, mulai 14 hingga 27 Oktober 2024. Operasi digelar untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Selain itu, Operasi Zebra Seulawah ini juga untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi Aceh yang kondusif menjelang pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI," kata Joko Susilo.

Dalam operasi tersebut, kata dia, kepolisian melakukan penegakan hukum dengan menyasar para pelanggar lalu lintas. Di antaranya pengguna jalan yang berkendaraan sambil menggunakan telepon, pengguna jalan melawan arus.

Kemudian, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari dua,  pengendara sepeda motor tidak memakai helm, pengemudi mobil tidak menggunakan sabuk pengamanan, dan pelanggaran lainnya.

"Kepada para personel yang terlibat dalam Operasi Zebra Seulawah, kami ingatkan untuk melaksanakan tugas dengan dedikasi tinggi dan profesional. Siapkan fisik dan mental serta melaksanakan operasi dengan humanis," kata Joko Susilo.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024