Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat memastikan sebanyak 151.650 lembar surat suara yang akan digunakan pada hari pemungutan suara Pilkada 2024, pada 27 November mendatang saat ini sudah selesai dilakukan pencetakan oleh perusahaan percetakan di Klaten, Jawa Tengah.

“151.650 lembar surat suara Pilkada ini dicetak sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT), yang ditambah 2 persen surat suara cadangan,” kata Ketua KIP Kabupaten Aceh Barat, Cici Darmayanti kepada ANTARA di Meulaboh, Jumat.

Sebelumnya, KIP Kabupaten Aceh Barat juga telah menetapkan sebanyak 144.518 jiwa sebagai pemilih tetap atau masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

jumlah pemilih tetap di Pilkada 2024 tersebut terdiri dari 71.453 orang pemilih laki-laki, dan sebanyak 73.065 merupakan pemilih perempuan.

Pada Pemilu 2024 lalu, jumlah pemilih tetap yang ditetapkan oleh KIP Aceh Barat berjumlah sebanyak 143.205 jiwa.

Cici Darmayanti mengatakan surat suara tersebut dicetak di Percetakan PT Mancana Jaya Cemerlang, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, dan surat suara ini sudah dicetak pada Sabtu dan Minggu tanggal 12-13 Oktober 2024.

Setelah dilakukan pengecekan dan pengawasan terhadap sampel oleh tim gabungan yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat, kata dia, bahwa surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat (Pilkada) 2024 sudah sesuai. 

“Saat ini kami masih menunggu pengiriman logistik surat suara ke Kabupaten Aceh Barat,” kata Cici Darmayanti.

Dia menyebutkan, saat ini KIP Aceh Barat terus berupaya menyiapkan sejumlah logistik agar pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November mendatang, diharapkan dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apa pun.

Pihaknya juga terus berupaya melakukan komunikasi dengan sejumlah pemangku kebijakan di Aceh Barat, guna menciptakan Pilkada yang aman, damai, demokratis, jujur dan adil, demikian Cici Darmayanti.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024