Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Sunawardi menyerahkan bantuan masa panik kepada masyarakat korban kebakaran di Gampong Pante Cermin, Kecamatan Babahrot, Kamis.

“Bantuan ini berupa makanan, paket untuk ibadah, perlengkapan anak sekolah, matras, terpal, selimut, kain, dan bahan bangunan,” kata Sunawardi di Blangpidie, Kamis.

Sunawardi berharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten Abdya ini dapat meringankan beban korban yang tengah mengalami musibah.

Baca juga: Kebakaran di Babahrot, Abdya sebabkan tiga rumah hangus terbakar

Ia juga berpesan kepada Baitul Mal dan Camat Babahrot agar segera mengupayakan tambahan bahan bangunan baik dari sumber Baitul Mal maupun CSR perusahaan di sekitarnya, sehingga tiga rumah yang terbakar dapat segera dibangun kembali.

Dalam kunjungan ini, Pj Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBK, Camat Babahrot, Kapolsek, dan Danramil Babahrot. Kedatangan mereka disambut oleh Kepala Desa Pante Cermin.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 02.00 WIB tersebut menghanguskan tiga unit rumah penduduk yang sebagian besar terbuat dari kayu. 

Menurut laporan, petugas piket pemadam kebakaran di pos Kuala Batee menerima laporan dari masyarakat mengenai kebakaran tersebut. 

Tim pemadam segera meluncur ke lokasi dengan satu unit armada dari pos Kuala Batee dan dibantu oleh dua unit armada dari pos Induk Blangpidie. Upaya pemadaman dan pendinginan berlangsung hingga pukul 04.30 WIB.

Akibat kebakaran ini, tiga rumah penduduk mengalami kerusakan berat dan rata dengan tanah. Pemilik rumah yang terdampak dalam musibah ini adalah M. Syarif (52), Jariah (65), dan Siti Hamamah (45).

Kepala BPBK Abdya Armayadi menambahkan bahwa api berhasil dipadamkan dan saat ini seluruh personil serta armada pemadam kebakaran telah kembali ke pos masing-masing. “Kami akan terus memantau kondisi dan memberikan bantuan yang diperlukan kepada para korban,” ujarnya.

Bantuan yang diserahkan oleh Pj Bupati Sunawardi diharapkan dapat membantu meringankan beban para korban kebakaran. 

“Kami berharap bantuan ini dapat sedikit meringankan beban para korban dan membantu mereka untuk segera bangkit kembali,” katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024