Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh terus melakukan pemeliharaan dan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) secara kontinu dan merata hingga ke gampong-gampong atau desa di daerah wisata Pulau Weh itu.

Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman, Kamis, mengatakan pemerintah kota melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayt (PUPR) memang tengah gencar membenahi lampu-lampu jalan yang tersebar di beberapa titik jalan di seluruh Sabang.

“Pemeliharaan PJU kita lakukan mulai dari pemasangan baru dan perbaikan lampu-lampu yang sudah mati, terutama penerangan jalan menuju objek wisata," kata Andri di Kota Sabang.

Ia menjelaskan, program ini merupakan lanjutkan program Pj wali kota terdahulu Reza Fahlevi yang banyak melakukan pembenahan di pulau paling barat Indonesia itu, termasuk PJU, sehingga sangat layak untuk dilanjutkan.

Kata Andri, saat ini Dinas PUPR tengah fokus melakukan pemasangan lampu di sepanjang ruas jalan Cot Damar-Iboih dan Balohan-Jaboi, yang juga akses utama wisatawan ketika ke Pulau Weh Sabang.

Selanjutnya, kata dia, juga akan dilakukan pemeliharaan PJU di ruas jalan Bay Pass dan gampong-gampong lainnya.

Hal ini sesuai dengan aspirasi dari beberapa kepala desa atau keuchik yang disampaikan ke Dinas PUPR, seperti di Gampong Paya Seunara, Iboih, Paya Keunekai, yang juga ruas jalan lainnya telah dilakukan pemantauan kondisi PJU.

"Pengerjaan kita sesuaikan dengan ketersediaan dan anggaran yang ada, karena banyak juga surat-surat dari gampong yang masuk ke Dinas PUPR minta perbaikan PJU dan harus kita tanggapi,” ujarnya.

Menurut Andir, pemeliharaan PJU baik perbaikan dan pergantian tersebut akan terus dilakukan secara rutin atau kontinu setiap tahun, sesuai dengan kebutuhan.

"Insya Allah setiap tahun kita upayakan untuk melakukan pemeliharaan PJU. Nanti kalau ada yang belum terpenuhi akan kita usulkan perbaikan tahun depan," ujarnya.

Selama 2024, Dinas PUPR sudah melakukan pemeliharaan PJU di beberapa titik lokasi di Kota Sabang, seperti di Ie Meulee, Cot Ba'u, Jalan Diponegoro, dan Sabang Fair serta juga memasang PJU di jalan Lhok Weng-Iboih.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2024