Meulaboh (ANTARA Aceh) - Wakil Gubernur Provinsi Aceh, Nova Iriansyah, menyampaikan, daerah itu memiliki sumber daya alam sektor kelautan sangat besar sehingga layak menjadi poros maritim di wilayah ujung barat Indonesia.

"Aceh merupakan salah satu kawasan yang memiliki sumber daya kelautan sangat besar dan layak menjadi poros maritim Indonesia dan sebagian masyarakat Aceh adalah berprofesi sebagai nelayan," katanya saat membuka Simposium Nasional Ekspo Kelautan dan Perikanan di Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Senin (16/10).

Nova Iriansyah, menyampaikan, ada puluhan ribu keluarga masyarakat Aceh yang hidup bergantung diri dengan usaha perikanan, dengan armada kapal sekitar 17.000 unit, meskipun sebagian besar armada nelayan masih di bawah 30 Grosstonage (GT).

Akan tetapi menurut dia, karena kondisi peralatan sederhana, maka hasil tangkapan nelayan di perairan laut Aceh hanya berkisar 165.000 ton per tahun. Produksi itu masih di bawah potensi sumber daya perikanan yang ada di perairan laut daerah setempat.

Aceh memiliki luas kawasan laut mencapai 295 ribu kilometer bujur sangkar dengan panjang garis pantai mencapai 2.666 Km, dengan potensi perikanan Aceh diperkirakan mencapai 1,6 juta ton per tahun, tapi yang baru bisa dinikmati berkisar 10 persennya.

"Yang banyak meraup untung dalam sumber daya perikanan Aceh, justru kapal-kapal asing berukuran besar yang selama ini kerap melakukan praktik pencurian ikan (illega fishing) di kawasan laut Provinsi Aceh," sebutnya.

Karena itu untuk meningkatkan produktivitas hasil laut Aceh, dibutuhkan upaya keras untuk pemburuan kapal illegal fishing, Pemprov Aceh sangat mendukung penegakan hukum berupa penenggelaman kapal asing yang mencuri ikan di laut Indonesia.

Meski demikian, Nova Iriansyah, mengakui masih ada beberap kelemahan-kelemahan Aceh dalam pengembangan sektor perikanan, terutama persoalan sumber daya manusia (SDM) nelayan dalam teknologi, modal usaha dan akses pasar ekspor.

Beberapa siasat sebenarnya sudah dilakukan Pemprov Aceh, seperti membangun beberapa fasilitas Tempat Pendaratan Ikan (TPI), namun dirinya juga mengharapkan adanya infrastruktur perikanan yang lebih besar di pantai barat selatan Aceh.

"Kami harapkan Menteri Susi dapat menyiapkan berbagai program dalam rangka mendukung peningkatan produksi dan produktivitas perikanan Aceh, untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi sumber daya perikanan," katanya menambahkan.


Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017