Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Anggota TNI dan Polri menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Makam pahlawan nasional Tjut Meutia di kawasan hutan lindung Gunong Lipeh, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat.

Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyu Broto, mengatakan, usai upacara pihaknya bersama masyarakat berziarah dan berdoa.

Sebelum mencapai lokasi, rombongan berkumpul terlebih dahulu di kompleks perkantoran Muspika Pirak Timu, selanjutnya bersama-sama melakukan perjalanan ke lokasi makam dengan berjalan kaki, ungkap Dandim.

Sebut Dandim, sebelumnya beberapa personil Kodim, Polres Aceh Utara, mahasiswa dan masyarakat setempat, sejak hari Rabu (8/11), telah berada di lokasi makam untuk melakukan pembersihan dan memberbaiki kondisi makam yang rusak karena faktor alam.

Tambah Dandim, pelaksanaan ziarah bukan hanya mengunjungi dan menabur bunga semata, akan tetapi bertujuan memanjatkan doa dan mengingat jasa pahlawan yang telah gugur sebagai kesuma bangsa.

"Ziarah ini mempunyai makna yang mendalam, karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan kesatuan bangsa dan untuk meresapi perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan bangsa dan Negara Indonesia," kata Dandim.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017