Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kota Banda Aceh meraih tiket pertama cabang bulutangkis kategori beregu putri ke Pekan Olahraga Aceh (PORA) XII/2018 di Kabupaten Aceh Besar, setelah menjuarai pool F pada babak pra kualifikasi PORA di Banda Aceh, Rabu malam.

Dalam pool F, dengan sistem pertandingan setengah kompetisi bercokol tiga regu yakni Banda Aceh, Lhoksemawe dan Aceh Tamiang. Beregu putri mempertandingan dua nomor tunggal dan dua ganda.

Regu putri Banda Aceh dengan pemain Nina Erlinda, Cut Safira Alya dan Syarah Audia, yang bergantian bermain di nomor tunggal pertama, kedua dan ganda mengalahkan Lhokseumawe 3 - 0 dan Aceh Tamiang 3 - 0.

Dua kemenangan itu, regu putri Banda Aceh yang dimanejeri Rendra Pribadi tidak tergoyahkan sebagai juara pool F sekaligus regu pertama lolos ke PORA, meski di pool ini masih tersisa satu pertandingan Lhokseumawe melawan Aceh Tamiang yang berlangsung, Kamis (16/11) pagi.

Sementara itu persaingan kabupaten/kota meraih tiket ke PORA di kategori beregu putri yang dibagi empat pool ini masih berlangsung ketat hingga tadi malam.

Kategori beregu putri diikuti 13 kabupaten/kota yang dibagi empat pool yaitu Pool E : Aceh Barat, Aceh Selatan. Pool F : Lhokseumawe, Banda Aceh, Aceh Tamiang. Pool G: Langsa, Pidie, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Tengah. Pool H: Nagan Raya, Aceh Utara, Sabang.

Hasil pertandingan beregu putri hingga Rabu malam Pool E : Aceh Barat - Aceh Selatan (3 - 0), Aceh Timur - Aceh Selatan (0 - 3), Pool F. Banda Aceh - Lhokseumawe (3 - 0), Banda Aceh - Aceh Tamiang (3 - 0). Pool G : Langsa - Aceh Tengah (3 - 0), Abdya - Pidie ( 3 - 0). Pool H : Aceh Utara mengalahkan Sabang 2 -1.

Panitia pertandingan, Riki Maulana mengatakan pada kategori beregu putra yang diikuti 18 kabupaten/kota dibagi dalam empat pool A, B, C dan D, sudah memainkan pertandingan dan persaingan masih ketat sehingga belum ada regu yang memastikan lolos PORA.

Ketua panitia Khairuddin menjelaskan juara pool langsung lolos ke PORA, sedangkan runner-up (peringkat kedua) pool dipertandingkan lagi (play off) untuk menentukan lolos ke PORA. Ada empat kabupaten/kota juara empat pool, tambah tiga kabupaten/kota hasil play off, sehingga tujuh daerah yang lolos PORA.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017