Lhoksukon (ANTARA Aceh) - Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Aceh bekerja sama dengan Perum Bulog Divisi Regional Aceh,  mengadakan pasar murah di Kabupaten Aceh Utara mengantisipasi lonjakan harga sembako akhir tahun.

Kabid Perdagangan, pada Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Aceh Utara, Zainal Abidin di Panton Labu, Rabu mengatakan, operasi pasar murah ini berlangsung selama empat hari.

''Pasar rakyat ini dimulai pada hari ini dan akan berakhir pada 16 Desember. Lokasinya, masing-masing di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Samudera, Dewantara dan Kecamatan Muara Batu,'' kata Zainal Abidin.

Dikatakan, hari pertama pasar murah ini berlangsung di Kecamatan Tanah Jambo Aye, kemudian besoknya berlanjut ke Samudera, Dewantara hingga ke Kecamatan Muara Batu.

Pasar rakyat ini digelar di kantor kecamatan masing-masing daerah. Ada empat kebutuhan pokok yang disediakan panitia di pasar murah ini, yakni beras, gula, minyak goreng dan telur.

Dijelaskan, pihaknya terpaksa membatasi pembelian bagi masyarakat karena stok barang terbatas. Di lain sisi, agar semua masyarakat kebagian. Setiap masyarakat hanya dibolehkan membeli satu sak beras, 10 butir telur, dua kilogram gula dan dua liter minyak goreng.

Hasil pantauan pihaknya ke sejumlah pasar di Aceh Utara dalam beberapa hari terakhir, maka ditemukan beberapa mengalami lonjakan harga. Seperti kelompok sayur-mayur di antaranya cabai mereh mengalami kenaikan harga, kemudian untuk lainnya berupa telur, beras dan minyak goreng.

''Pasar murah ini diadakan Disperindag Aceh bekerja sama dengan Perum Bulog Divre Aceh. Kita di sini hanya sebagai koordinasi saja,'' pungkas Zainail Abidin ketika ditemui di Kantor Camat Tanah Jambo Aye.

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2017