Blangpidie (Antaranews Aceh) - Polres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat bantuan satu unit mobil penyuluhan dari Polda Aceh untuk menunjang dan mendukung kegiatan personil dalam melakukan kegiatan penyuluhan bidang hukum pada masyarakat di pedesaan.

Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan di Blangpidie, Jumat mengatakan, kendaraan yang sudah dimodifikasi dan didominasi warna abu-abu dengan sedikit warna orange ini diberikan khusus untuk mendukung kegiatan penyuluhan bidang hukum pada seluruh masyarakat di desa-desa.

"Mobil ini sudah dilengkapi dengan layar lebar, sound pengeras suara, dan televisi LCD touch sreen 52 inci. Jadi, kendaraan ini khusus diperuntukkan mengoptimalkan kegiatan yang dilakukan oleh petugas kepolisian dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan hukum pada warga," katanya.

Ia berkata, dengan adanya mobil ini tentu aparat kepolisian memberikan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat di desa-desa terpencil, baik mengenai dengan sosialisasi hukum penggunaan narkoba, hukum pencurian, hingga memberikan penyuluhan terkait dengan dana desa.

"Jika dibutuhkan, penyuluhan malam hari kita lakukan khusus ditempat ada keramaian. Mungkin aspirasi dari masyarakat, termasuk mungkin penyuluhan dari pada angggaran dana desa. Semuanya bisa kita operasionalkan dari mobil penyuluhan batuan dari Mabes Polri ini," katanya.

Apalagi, lanjut dia, Mabes Polri memberikan mobil baru ini khusus untuk dipergunakan melakukan penyuluhan terkait dengan masyarakat yang membutuhkan informasi di pedesaan, sehingga keberadaan polisi itu dirasakan sampai ke seluruh pelosok desa di Tanah Air tercinta ini.

"Jadi, kalau seandainya ada sesuatu mungkin perlu dijelaskan kepada masyarakat, petugas polisi turun untuk menjelaskan semua hal, termasuk situasi Kamtibmas, melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada warga terkait narkoba, dan lain-lainnya terkait hukum, dan keamanan," ujarnya.

Andy Hermawan mengaku kondisi keamanan di wilayah hukumnya hingga memasuki tahapan Pemilu 2019 masih sangat kondusif, dan itu tidak terlepas karena kedewasaan masyarakat yang berpolitik secara sehat.

"Alhamdulillah, semua tataran pelaksanaan daripada persiapan pileg dan pilpres nantinya, situasi kamtibnas di Kabupaten Abdya ini sangat kondusif. Itu merupakan kedewasaan masyarakat dalam berpolitik," katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018