Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Ustad Abdul Somad dalam ceramahnya pada acara tabligh akbar yang dilakukan di Masjid Istiqamah Komplek Perta Arun Gas (PAG) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mengajak jamaah untuk mencegah informasi palsu (hoak).

Dalam satu ungkapan nasehatnya itu, Ustad Abdul Somad, mengajak kepada kaum muslimin dan muslimat supaya jangan mudah percaya terhadap berita yang tidak jelas sumber dan informasinya dengan benar.

Karena mempercayai berita atau informasi yang tidak jelas kebenarannya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan ummat serta bangsa. Oleh karena itu, dirinya juga meminta kepada jamaah untuk mendukung pihak kepolisian dalam mencegah berita hoax tersebut.

Sementara itu, mubaligh asal Riau tersebut juga meminta kepada jamaah untuk cerdas dalam memanfaatkan teknologi informasi seperti handphone. Serta lebih banyak mengisi gadget tersebut dengan hal-hal yang positif dan bernilai dakwah.

Didalam tabligh akbar yang dihadiiri oleh ribuan jamaah tersebut, Ustad Abdul Somad juga meminta kepada ummat Islam untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Serta tidak terlalu menonjolkan perbedaan pendapat pada hal-hal yang tidak begitu penting.

Selain itu, mubaligh ini juga menyingung tentang pendidikan dalam keluarga dan juga menyiapkan anak sebagai generasi penerus masa depan dengan sebaik mungkin. Yakni membekali anak dengan ilmu agama selain daripada ilmu pengetahuan lainnya, ungkap Ustad Abdul Somad.

Sementara itu, jamaah yang datang ke Masjid Istiqamah untuk mendengar ceramah Ustad Abdul Somad, mulai memadati area masjid sejak pukul 15. 00 Wib. Sedangkan kegiatan tabligh akbar dimaksud dilakukan pada pukul 16.30 usai waktu Ashar setempat hingga pukul 18.00 Wib.

Sebagaimana terlihat, sejumlah kendaraan harus antri untuk bisa keluar dari komplek perumahan Arun. Hingga menjelang waktu maghrib antrian kendaraan jamaah yang pulang dari tabligh akbar, masih terlihat dijalan keluar komplek tersebut. Kegiatan tabligh akbar dimaksud, ikut dihadiri oleh para pimpinan daerah dan juga pimpinan TNI dan Polri di Kota Lhokseumawe.

Sementara usai menyampaikan tausiyahnya di Lhokseumawe, Ustad Abdul Somad, melanjutkan perjalananya ke Kabupaten Bireun dan memberikan tausiyahnya disana. Serta keesokannya memberikan tausiyah di Beureunun, Kabupaten Pidie.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018