Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Banda Aceh menargetkan minimal tiga kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

"Kami menargetkan minimal meraih tiga dari 30 kursi di DPRK Banda Aceh pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang," kata Sekretaris DPD PSI Kota Banda Aceh Rudi Ramadhani di Banda Aceh, Senin.

Rudi mengakui target minimal tiga kursi tersebut merupakan tugas berat. Apalagi Partai Solidaritas Indonesia merupakan partai politik berbasis nasional yang baru pertama sekali mengikut pemilu legislatif.

Selain itu, lanjut Rudi, PSI juga dikenal sebagai partai anak muda, sehingga pemenuhan target minimal kursi legislatif tersebut dinilai cukup berat.

"Kendati begitu, kami bertekad memenuhi target. Karena itu, kami mengajak masyarakat Kota Banda Aceh, khususnya anak-anak muda mendukung PSI," kata Rudi Ramadhani.

Terkait calon legislatif yang akan diusung PSI pada pemilu mendatang, Rudi mengatakan, saat ini pihaknya sedang membuka pendaftaran bakal calon.

Pendaftaran bakal calon bisa dilakukan secara online maupun mendatangi Kantor PSI Kota Banda Aceh. Siapa saja bisa mendaftar dengan catatan memenuhi syarat yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Siapa saja bisa mendaftar. Kami juga memprioritaskan perempuan dan anak muda. Pendaftaran berlangsung beberapa waktu ke depan, sesuai batas waktu yang ditetapkan KPU," ungkap dia.

Rudi menyebutkan, bakal calon yang mendaftar nantinya akan diseleksi oleh tim juri independen, terdiri dua orang dari eksternal partai dan tiga orang dari internal PSI.

Pada saat seleksi, setiap bakal calon diminta menyampaikan visi dan misinya menjadi anggota DPRK Banda Aceh. Dari penilaian itu akan ditetapkan nilai tertinggi untuk selanjutnya ditetapkan oleh PSI Pusat.

"Kami pastikan tim juri yang menyeleksi memiliki kapasitas, bekerja profesional, serta independen. Kami tidak akan mengintervensi proses seleksi, dengan harapan calon legislatif yang terpilih memiliki kapasitas dan elektabilitas," kata Rudi Ramadhani.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018