Lhoksukon (Antaranews Aceh) - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, masih keterbatasan sarana komputer yang ada di lingkungan sekolah, sehingga peserta harus dibagi dalam tiga sesi dari pagi hingga petang.

Kepala SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Mawardi MPd ditemui Senin membenarkan, bahwa sarana komputer di sekolahnya masih minim yakni hanya 95 unit yang digunakan untuk UNBK dengan jumlah peserta mencapai 282 orang.

UNBK untuk tingkat SMK sudah digelar serentak sejak 2-5 April 2018, dan untuk tingkat SMA/MA mulai digelar sejak Senin hingga Kamis mendatang atau 9-12 April 2018.

"Karena keterbatasan komputer, maka peserta UNBK harus dibagi dalam tiga sesi, masing-masing pukul 07.30 - 09.30 WIB, pukul 10.30 - 12.30 WIB dan dari pukul 14.00 sampai pukul 16.00 WIB," kata Mawardi ditemui di sela-sela pelaksanaan UNBK.

Meski demikian, sambung Mawardi, sarana komputer yang dimiliki pihak sekolah untuk pelaksanaan UNBK tahun ini sudah membaik, dibandingkan UNBK tahun sebelumnya yang harus terpaksa dipinjam dari siswa.

"Ke semua atau 95 unit komputer itu adalah milik SMAN 1 Tanah Jambo Aye. Semua itu dipakai untuk pelaksanaan UNBK dengan 5 unit server," kata Mawardi pula.

Mawardi menyebut, sejauh ini belum ada kendala yang dihadapi pihaknya. Dia juga mengatakan telah mempersiapkan genset ukuran besar mengantisipasi listrik padam, meski hal itu tipis kemungkinan karena telah terjalin kerja sama dengan pihak PLN.

Di lain sisi, Mawardi juga meyakni bahwa peserta ujian di sekolahnya telah dengan matang menghadapi ujian berbasis komputer ini.

Sebab, sambung dia, pihaknya telah melaksanakan tryout dan simulasi hingga beberapa kali.

"Untuk hari ini, peserta mengikuti UNBK dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Hingga tahapan sesi kedua ini, belum ada laporan siswa berhalangan, mudah-mudahan tidak ada kendala hingga selesai," harapnya.

Mawardi menyebutkan, bila ada siswa yang tidak bisa mengikuti UNBK dengan alasan tertentu maka harus memberi keterangan, dengan demikian yang bersangkutan dapat mengikuti ujian susulan pada 17-18 April.

Informasi diterima, tidak semua sekolah di Aceh Utara membagikan peserta UNBK dalam tiga sesi, karena ada sekolah juga melangsungkan ujian ini dalam dua hingga satu sesi, tergantung jumlah siswa dan sarana komputer yang dimiliki.
 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018