Singkil (Antaranews Aceh) - Ratusan pemuda dan relawan di Aceh Singkil gelar aksi solidaritas pawai akbar imbau muslim dunia bersatu bela Alquds (Yerusalem) untuk Palestina.

Aksi solidaritas Pemuda Aceh Singkil peduli Palestina pada Rabu 12 Juni 2018 itu diikuti oleh berbagai lembaga relawan kemanusiaan dan organisasi pemuda yang dimulai dari pukul 13.00 hingga 18.00 WIB. Berkumpul di Masjid Raya Nurul makmur Pulo sarok, Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Selanjutnya melakukan aksi pawai konvoi mulai dari Simpang Tugu halaman Bank Aceh, sembari mampangkan spanduk bertuliskan Hastag "#Bersatu Bela Al Quds" yang dibawa kendaraan bermotor dan diikuti secara konvoi sembari menggalang dana.

Jalur lintasan melintasi jalan dua jalur Bahari  pulo sarok menuju Desa Pasar, Ujung, Kilangan, Suka Makmur, Siti Ambia, berputar kembali ke Desa Pasar rintis menuju kembali ke Pulo Sarok Belakang dan kembali ke tugu Bank Aceh.

Koordinator Aksi Khairul Fahmi kepada wartawan Rabu di Singkil mengatakan, para pemuda dan masyarakat yang ikut dalam aksi bela Alquds dari berbagai macam lembaga , dan terbentuk menjadi aliansi Singkil Peduli Palestina di fasilitasi oleh lembaga kemanusiaan RI Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Adapun lembaga yang ikut dalam aksi tersebut diantaranya Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Ikatan Pemuda Kota Singkil (IPKS), Gerakan Pemuda Aceh Singkil (GPAS), Art Community, Kita Mesenina dan masyarakat simpatisan lainnya.

"Kegiatan aksi ini dilaksanakan sebagai bentuk keberpihakan kita terhadap Negara Palestina yang terdzalimi dari kaum zionis dan kecintaan kita terhadap saudara-saudara kita di Palestina, dan tanggung jawab kita sesama muslim bila dipertanyakan kelak nanti di hadapan Allah SWT," kata Khairul.

Ia berharap, pihaknya terus berusaha membela dalam bentuk apa saja di sertai doa, semoga warga umat Islam di Palestina terbebaskan dari kekejaman tentara zionis Israel, dan dengan terkumpulnya donasi ini mereka bisa terbantu secara ekonomis.

Kemudian Khairul menyerukan, aksi relawan pemuda bersatu bela Alquds akan berlanjut sampai saat Shalat Hari Raya Idul Fitri berlangsung, dimana setiap masjid yang ada di Kota Singkil dan Gunung meriah  sudah disiapkan pihaknya juga tabung donasi.

"Jadi, harapan kami kepada seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Singkil supaya dapat menyisihkan sedikit rezekinya ke Palestina di saat melaksanakan Shalat Ied hari raya Idul Fitri," kata Khairul.

 

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018