Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, memplenokan hasil rekapitulasi data pemilih sementara (DPS) daerah itu untuk Pemilu 2019, Minggu.

Rapat pleno DPS Kota Lhokseumawe untuk Pemilu 2019 tersebut, dilaksanakan di salah satu hotel di daerah ini, dan dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari instansi terkait.

Sekretaris KIP Kota Lhokseumawe M.Rizal, mengatakan berdasarkan hasil pemutakhiran data pemilih yang telah dilakukan secara bertingkat. Mulai dari tingkat gampong (desa) hingga kecamatan, didapati jumlah DPS untuk pemilu 2019 di Kota Lhokseumawe sebanyak 128.483 pemilih.

Dari jumlah 128.483 pemilih sementara, pemilih wanita sebanyak 65.673 jiwa dan pemilih laki-laki sebanyak 62.810 jiwa. Sedangkan jumlah TPS sebanyak 490 titik.

"Jumlah pemilih dan juga jumlah TPS dalam wilayah Kota Lhokseumawe paling banyak terdapat di Kecamatan Banda Sakti, kemudian Muara Dua, Muara Satu serta Kecamatan Blang Mangat," jelas M.Rizal.

Menurut dia, terjadi peningkatan jumlah DPS pada Pemilu 2019, lantaran banyaknya pemilih pemula yang didasarkan data dari DP4 dari KPU RI.

Demikian juga jumlah TPS yang bertambah dari pemilu sebelumnya, dikarenakan aturan baru menyangkut pemilih dalam satu TPS dibatasi 300 orang.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018