Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 55 warga yang merupakan masyarakat di dua desa, kecamatan Lawe Bulan, kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, mengungsi akibat sungai setempat meluap lebih dari satu meter yang merendam rumah mereka.

"Malam ini, ada 25 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 55 jiwa mengunggsi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh, Teuku Ahmad Dadek, di Banda Aceh, Senin.

Ia mengatakan, puluhan warga, terutama perempuan dan anak-anak di dua desa, yakni Kandang Mbelang Mandiri, dan Lawe sagu Hulu menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Mereka mengunggsi di rumah karib kerabat, dan tetangga terdekat.

Sedangkan bagi para lelaki menunggu banjir surut, dan sebagian lagi membersihkan rumah mereka dari sisa-sisa genangan air sungai yang meluap.

Seperti dilaporkan sekitar pukul 19.07 WIB, Sungai Lawe Kisam meluap akibat beberapa tanggul sungai jebol, sehingga membanjiri rumah warga di dua desa setempat karena tingginya curah hujan di wilayah pengunungan di Aceh Tenggara.

"Kondisi terkini dilaporkan, mayoritas banjir belum surut hingga kini. Dan hujan gerimis masih terus terjadi," Kata Ahmad.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh, telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di provinsi ini yang terus diperbaharui hingga pukul 20.50 WIB.

BMKG menyatakan, masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir ?dan angin kencang di wilayah Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tamiang, dan sekitarnya.

Dapat juga meluas ke wilayah Nagan Raya, Aceh Tengah, Aceh Timur, Subulussalam, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 23.50 WIB.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018