Sabang (Antaranews Aceh) - Kirab Pemuda Nusantara 2018 yang diikuti 45 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia meningkatkan atau mengembangkan potensi generasi bangsa.

"Kirab Pemuda Nusantara 2018 yang diikuti 45 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia guna meningkatkan pontensi kreatif melalui seni, budaya dan ekonomi," kata Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah.

Hal ini disampaikan Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah di taman kota depan Kantor Wali Kota Sabang, Rabu (5/09).

Kirab Pemuda Nusantara 2018 juga diikuti unsur muspida se Kota Sabang dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh Darmansyah.

Selain itu, Kirab Pemuda Nusantara 2018 juga diikuti oleh organisasi kepemudaan dan ormas serta para pelaku seni budaya setempat.

Menurutnya, para perserta Kirab Pemuda Nusantara akan melangkahi langkahnya untuk menyapa saudara-saudaranya ?disepanjang perjalanan yang dilalui dari Sabang sampai Merauke.

"Pelaksanaan Kirab Pemuda Nusantara tahun ini dilakukan dua zona, untuk zona pertama di Sabang ?kedua di Marauke dan ?ketemu Jakarta," sebutnya.

Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda Olahraga, yang telah memilih Kota Sabang menjadi daerah dimulainya Kirab Pemuda Nusantara.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan Kirab Pemuda Nusantara, para pemuda di kepulauan paling ujung barat Indonesia dapat lebih kreatif dalam bidang seni dan budaya.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Sabang kami mengucapkan terima kasih, kepada Kementerian Pemuda Olahraga, yang telah melaksanakan kegiatan ini dari titik Nol indonesia," katanya.

Suradji juga menyampaikan, para pemuda Sabang dapat mengambil pelajaran yang berharga dan memperluas jaringan kepemudaan untuk memperkuat persatuan bangsa.

Kirab Pemuda Nusantara ini diikuti para pemuda dan pemudi dari seluruh Indonesia dan peserta melaksanakan kirab di bagian barat dan timur Indonesia selama 73 hari.

Perserta Kirab Pemuda Nusantara juga mengikuti pawai melintasi sejumlah jalan di seputar Kota Sabang, yang dikuti para pelajar dan pemain drum band serta pelajar di Kota Sabang.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018