Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sebanyak 25 sekolah di Kota Lhokseumawe ikut berpastispasi pada Festival of Istiqamah Religion and Student Art (FIRST) Agravandalas atau agama istiqomah dan seni siswa dari, 8-10 September 2018 yang berlangsung di GOR SMA Negeri Modal Bangsa Arun, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

"Keseluruhan ada 25 sekolah ikut festival ini, mereka dari jenjang SMP dan SMA, dan semua perwakilan sekolah telah hadir dan siap bersaing untuk menjadi yang terbaik," Ketua Panitia Pelaksana FIRST Agravandalas 2018 Multahadi Ambiya di Banda Aceh, Minggu.

FIRST Agravandalas 2018 mengangkat tema "Darusslam Tetap Menjadi Kemuliaan".

Multahadi mengakui, tema tersebut sebagai wujud mengenang kejayaan agama Islam yang berawal dari Samudera Pase, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

"Seantero negeri Asia mengakui awal mula penyebaran Agama Islam dari Aceh dan hingga kini Aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Darussalam tetap dipandang mulia," ujarnya.

Selain itu, katanya, tema tersebut menjadi pengingat bagi generasi bangsa terhadap kejayaan Islam dan semua pihak setuju kejayaan Kerajaan Islam di Asia bermula dari Aceh.?

Ketua Komite SMA Negeri Modal Bangsa Arun Mulyadi mengatakan, SMA Negeri Modal Bangsa Arun merupakan titipan dari BUMN yang telah diserahkan kepada Pemerintah Aceh.?

Menurutnya, saat ini banyak fasilitas yang masih kurang di sekolah tersebut yaitu mushalla sekolah dan masih perlunya perbaikan pada beberapa aset yang telah rusak yang digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar.

"Kami mohon Pemerintah Aceh dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan Aceh untuk membantu perbaikan sarana dan prasarana tersebut serta menganggarkan dana perbaikan khusus untuk semua fasilitas yang masih mengalami kekurangan," kata Mulyadi.

FIRST Agravandalas 2018 itu memperlombakan ragam kengiatan di antaranya, Olimpiade fisika, biologi, IPS, matematika, cerdas cermat, cerita pendek, musikalisasi puisi, cipta puisi, nasyid acapella, ?debat bahasa Inggris, syarhil Quran, dan desain poster.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018