Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Sudah agendakan akhir pekan ini Bagi masyarakat Kota Banda Aceh dan sekitarnya, jangan lupa untuk hadir di Taman Wisata Meuraxa, Sabtu (27/10/2018). Di taman itu bakal ada peringatan Hari Sanger Sedunia.

Hari Sanger Sedunia (International Sanger Day) atau yang lebih akrab dikenal dengan Sanger Da ini diperingati saban tahun, setiap 12 Oktober. Kali ini memasuki tahun keempat kegiatan yang digelar Komunitas @iloveaceh dengan melibatkan sejumlah penikmat dan pecinta sanger di Aceh.

Sejak digelar 2014, peringatan sanger day terus merambah dan menjadi tren industri kreatif khususnya di bidang kuliner. Tren ini sudah pelan menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi orang-orang yang penasaran dengan minuman sekilas mirip kopi susu tersebut.

"Sanger day kali ini masih dikemas dalam rangkaian festival. Tema diangkat juga akan penuh tantangan, yakni 'challenge with sanger taste', melibatkan semua usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," ujar Project Officer Sanger Day Fest 2018 Aulia Munizar.

Makna challenge atau tantangan ini, kata Munizar sebenarnya sederhana, mengingat potensi minuman sanger tidak saja hanya sebatas minuman saja, melainkan juga dapat dipadukan menjadi bahan makanan bahkan sebagai parfum.

"Kini minuman sanger tidak saja disajikan sebatas panas atau dingin, tapi juga telah dikemas menjadi minuman yang siap minum untuk dapat dibawa ke mana-mana bahkan menjadi oleh-oleh karena keharumannya dijadikan parfum," ungkap dia.

Fahmi Yunus, dosen di Banda Aceh, menyambut baik atas hadir kembali kegiatan Sanger Day ini. "Sempat saya lemparkan ide tahun ini #sangerchallenge di Twitter dan ternyata direspons positif dan dijadikan tema kegiatan."

"Mengenalkan sanger lewat media sosial menurut kami cukup pas. Terlebih saat ini era promosi digital begitu mudah, apapun keunikan jajanan dan minuman serta pariwisata di Aceh, bisa dipromosikan dengan mudah," ucapnya. 
 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018