Kupang (Antaranews Aceh) - Dinas Kesehatan NTT merilis sebanyak 55 anak di Kecamatan Mego, kabupaten Sikka , Flores diketahui terserang virus rubella.         
     
"Sebelumnya kami ambil sampel dan  berdasarkan hasil tes laboratorium di Surabaya, Jawa Timur terdapat 55 anak yang terserang virus rubella," kata Staf Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit bagian Survei Dinas Kesehatan Provinsi NTT Acep Effendi di Kupang, Kamis.

Data tersebut disampaikan berkaitan dengan hasil survei oleh Dinas Kesehatan NTT terkait dengan Virus Measles-Rubella (MR) di provinsi berbasis kepulauan itu.

Ia menjelaskan awal mula penyebaran virus Rubella di kabupaten itu diduga bermula dari seorang anak yang kemudian diketahui baru kembali dari Papua.        
     
"Kami dapatkan informasi bahwa ada anak yang baru pulang liburan dari Papua dan terjangkit virus itu ,"ujar 

Di samping itu   beberapa warga setempat juga melaporkan ada beberapa lagi penderita Rubella di daerah itu.       

"Angka itu yang terdaftar di Postu, mungkin masih ada yang belum melaporkan," tambah dia.          Acep juga menambahkan dari kasus itu, maka kabupaten Sikka bisa disebut sudah masuk dalam kategori kejadian luar biasa (KLB).

Dirinya khawatir jumlah tersebut akan terus bertambah. Oleh karena itu pihaknya berusaha untuk melakukan pencegahan di daerah itu agar tidak menyebar lebih banyak lagi. 
 

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018