Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Banda Aceh siap menjadi tuan rumah lomba membaca kitab kuning atau yang disebut Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tingkat Provinsi Aceh.

"Banda Aceh siap menjadi tuan rumah lomba membaca kitab kuning tingkat Provinsi Aceh," kata Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman di Banda Aceh, Jumat (9/11).

Pernyataan ini disampaikan Aminullah saat membuka MQK Kota Banda Aceh di Dayah Inshafuddin. Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh Usamah El-Madny turut hadir pada acara tersebut.

Kepada Kepala Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Wali Kota meminta agar Banda Aceh dipilih sebagai tuan rumah kegiatan tingkat provinsi yang akan digelar pada 2019.

"Saya minta Banda Aceh ditunjuk sebagai tuan rumah. Ini sebagai pengganti Banda Aceh yang tidak terpilih sebagai tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Aceh pada 2019," sebut dia. 

Sebelumnya, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman membuka secara resmi MQK Tingkat Kota Banda Aceh. Pembukaan musabaqah yang lebih dikenal dengan lomba membaca kitab kuning itu ditandai dengan membunyikan sirine.

Aminullah mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud dari komitmen merealisasikan visi dan misi Pemerintah Kota Banda Aceh di bidang agama.

Menurut dia, lomba membaca kitab kuning ini menjadi penting dalam mendorong meningkatnya kemampuan santri memahami Islam lebih dalam karena banyak membahas hadis-hadis Nabi. 

"Lomba membaca kitab kuning ini kita gelar sebagai bentuk komitmen mewujudkan Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariat," kata Aminullah Usman. 
 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018