Lhoksukon (Antaranews Aceh) - Harga komoditas bumbu dapur jenis cabai di pasar tradisional Pantonlabu, Kabupaten Aceh Utara, turun dalam sepekan terakhir.
     
Marzuki, pedagang bumbu dapur di Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Kamis, mengatakan, saat ini harga cabai merah menjadi Rp25 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp30 ribu per kilogram.
     
"Tak hanya cabai merah, cabai rawit juga turun harga dari Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp32 ribu per kilogram. Ini harga jual di tingkat pedagang eceran. Mungkin harga jual di tingkat petani jauh di bawah harga tersebut," ungkap Marzuki.
     
Turunnya harga beli cabai merah karena banyaknya pasokan dari sentra produksi, terutama pasokan dari petani lokal. Sementara permintaan cabai merah maupun rawit tidak mengalami peningkatan
     
Sementara, harga bawang merah lokal malah mengalami kenaikan dari Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram, Naiknya harga bawang terjadi dalam sebulan terakhir.
     
"Saya tidak tahu persis penyebab naik harga bawang lokal tersebut. Mungkin karena permintaan pasar tinggi, sementara pasokan masih stabil," jelas Marzuki.
     
Kenaikan juga terjadi pada bawang merah impor dari Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih saat ini masih bertahan di harga Rp20 ribu per kilogram.
     
"Sedangkan rempah-rempah jenis lainnya yang alami kenaikan yakni jahe, dari Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu per kilogram. Sementara, rempah-rempah jenis kunyit harganya masih stabil yakni Rp8.000 per kilogram," kata Marzuki.

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018