Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Harga udang segar di pasar Peunayong Banda Aceh memasuki peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1440 Hijriah mulai bergerak naik sekitar Rp30 ribu per kilogram.

"Harga udang segar yang kami jual mulai bergerak naik dibanding dengan hari bisanya menyusul meningkatkan permintaan udang dari konsumen," kata salah seorang pedang di Pasar Ikan Peunayong Banda Aceh, Suryadi di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan untuk harga udang segar ukuran kecil harganya dijual Rp60 ribu per kilogram, sedang dari Rp70 sampai Rp90 ribu per kilogram dan untuk ukuran besar di jual dari Rp150 ribu sampai Rp200 ribu ?per kilogram.

"Kalau hari biasanya harga jual untuk ukuran paling besar ada yang sekitar Rp170 ribu sampai Rp180 ribu per kilogram dan hari ini harganya? mencapai Rp200 ribu per kilogram," katanya.

Salah seorang ibu rumah tangga, Muliani mengaku harga udang segar yang dijual di pasaran hari ini mengalami lonjakan drastis dibanding dengan hari sebelum Maulid Nabi.Kenduri Maulid merupakan perayaan memperingati hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW. Keunduri Maulid sudah menjadi tradisi ?dalam masyarakat Aceh.

"Biasanya untuk ukuran udang paling kecil saya beli sekitar Rp30 ribu per kilogram hari ini sekitar Rp60 ribu per kilogram," katanya.

Pedagang lainnya, Zainuddin mengaku untuk harga ikan dalam memasuki Maulid Nabi tersebut tidak mengalami kenaikan drastis sebab pasokan ikan normal dan masyarakat lebih banyak menjadikan daging dan udang sebagai menu untuk melaksanakan kenduri maulid.

"Artinya, harga ikan masih normal di pasaran dengan harga jual untuk ukuran tuna sedang Rp60 ribu dan tongkol besar sekirat Rp160 ribu per ekor," katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018