Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Gampong Meunasah Rayeuk Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara, sebagai Desa Terbaik 2 Tingkat Nasional 2018 kategori Penguatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat melalui pengelolaan Dana Desa.

Acara penganugerahan desa terbaik tingkat nasional untuk salah satu desa di Aceh Utara tersebut dilakukan Menteri Desa Eko Sandjojo di Jakarta, Kamis(29/11).

"Kami mendapatkan juara kedua sebagai Desa Terbaik tingkat nasional. Sedangkan juara pertama diraih oleh Desa Senadang, Jogyakarta," ucap Keuchik atau Kades Gampong Meunasah Rayeuk Tgk. Munirwan, Kamis malam.

Terpilihnya Gampong Meunasah Rayeuk sebagai Desa Terbaik 2 Tingkat Nasional 2018, karena sukses mengelola dana desa melalui Program Program Khusus yang di prioritaskan Presiden Jokowi pada Tahun 2017 dan 2018.

Keberhasilan itu di antaranya mengalokasikan dana desa kepada upaya penangulangan kemiskinan sebesar 25 persen untuk membangun Rumah Duafa.

Selain itu mengalokasikan dana desa untuk memberdayakan masyarakat tani dengan memberikan bibit padi IF8 secara cuma-cuma.

Menangulangi kemiskinan dan juga pemberdayaan masyarakat petani dalam upaya meningkatan ketahanan pangan nasional menjadi faktor keberhasilan Gampong Meunasah Rayeuk sehingga dinobatkan sebagai desa terbaik 2 tingkat secara nasional, ujar Tgk Munirwan.

Prosesi dinobatkan Gampong Meunasah Rayeuk sebagai desa terbaik 2 tingkat nasional 2018 yaitu juara pertama presentasi kepala desa tingkat Provinsi Aceh, kemudian Turunnya tim Kemendes PDTT ke Gampong Mns Rayeuk khusus untuk memverifikasi dokumen APBG dan Pemberdayaan Masyarakat Gampong.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018