Meulaboh (Antaranews Aceh) - Aktivitas warga yang menggunakan jasa transportasi laut di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, Aceh Barat ke Pulau Simeulue hingga Minggu (30/12) makin sepi.

Pantauan Antara, kapal penyeberangan yang akan menyeberang ke Sinabang, Pulau Simeulue dari Meulaboh terlihat hanya ditumpangi oleh beberapa warga dan tak ramai seperti biasanya.

Kondisi ini juga terlihat dari beberapa truk yang masuk ke dalam kapal, juga tidak sepadat beberapa pekan lalu.

"Penyebab sepinya penumpang yang menyeberang ini karena faktor libur Tahun Baru, makanya ada pengurangan jumlah calon penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan Aceh Barat, Drs John Aswir kepada Antara, Minggu di Meulaboh.

Kondisi ini, kata dia, juga berdampak pada arus pelayaran Sinabang-Meulaboh yang mengalami pengurangan jumlah penumpang.

Pihaknya menduga, sepinya calon penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Simeulue dan daratan Aceh ini, disebabkan sebagian besar warga di Aceh lebih memilih menghabiskan liburan ke luar daerah.

Sehingga kondisi ini berimbas pada jumlah kunjungan wisata lokal.

John Aswir memperkirakan arus penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh akan normal, setelah libur tahun baru 2019 selesai.

Ia juga memastikan, dampak dari berkurangnya calon penumpang ini juga tidak berimbas pada operasional kapal.

"Kapalnya tetap beroperasi seperti biasa, dua kali selama sepekan," tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018