Sabang (Antaranews Aceh) - Pemerintah Pusat mendukung rencana pembangunan Bandar Udara Internasional di Kota Sabang, Provinsi Aceh untuk pengembangan industri pariwisata di kawasan tersebut.

"Pemerintah Pusat mendukung pembangunan Bandara Internasional di Sabang dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman sudah menyampaikan dukungan tersebut secara langsung kepada Pemerintah Kota Sabang," kata Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal di Sabang, Kamis.

Pemerintah Pusat telah memerintahkan kepada Pemerintah Kota Sabang untuk melakukan persiapan secara teknis terkait rencana pembangunan Bandara Internasional di pulau terluar paling barat Indonesia.

"Kita menawarkan tiga lokasi pembangunan Bandara Internasional di Sabang terdiri dari, Ujong Seuke (Anoi Itam), Bango (Keuneukai) dan Beurawang," ujarnya.

Pembangunan Bandara Internasional membutuhkan lahan antara 3.000-3.500 meter dan Pemko Sabang telah menyiapkan lahan seluar 40 hektare.

"Pembangunan Bandara Internasional di Sabang dapat mendorong percepatan pengembangan industri pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional KSPN)," katanya.

Artinya, pembangunan Bandara Internasional di Sabang sejalan dengan Nawacita Pemerintah Republik Indonesia yakni, pemerataan pembangunan dari Sabang hingga Merauke.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin bersama pihak terkait lainnya pada Senin (21/1) telah melakukan survei ke Ujong Seuke, Gampong (desa) Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang.

"Hasil survei ini akan kita serahkan ke Kementerian terkait dan di Ujong Seuke (Anoi Itam), Sabang sangat cocok dibangun Bandara Internasional," kata Nazaruddin,

"Ya kita berharap pemerintah pusat dapat membangun Bandara Internasional di Sabang untuk mendukung pengembangan industri pariwisata di pulau terluar paling barat Indonesia," tambah Wali Kota Sabang.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyambut baik rencana pembangunan Bandara Internasional di Sabang dan Ia telah menyurati Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

"Kami mengharapkan kiranya Bapak Menteri berkenan membantu rencana pembangunan Bandar Udara Internasional di Kota Sabang, Aceh," demikian surat yang ditandatangani Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Nomor : 553/19779 tanggal 10 Juli 2018.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019