Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menegaskan komitmen untuk terus menekan angka pengangguran dengan memperbanyak pelatihan bagi pencari kerja.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Jumat, mengatakan, dengan pelatihan diharapkan pencari kerja memiliki ketrampilan dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi yang lain.

"Selain pelatihan, pemerintah kota juga membantu peralatan kerja dan modal kerja bagi mereka yang ingin berusaha. Dengan harapan, mereka mampu membuka lapangan pekerjaan," kata Aminullah.


Sebelumnya, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Tenaga Kerja melatih 600 pemuda dan pencari kerja dengan berbagai keterampilan.

Di antaranya pelatihan juru las, perawatan mesin pendingin ruangan, montir sepeda motor,  serta jahit dan menjahit bordir. Pelatihan dipusatkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Lamjabat, Banda Aceh.

Aminullah Usman mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja yang memfasilitasi pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut bentuk komitmen Pemerintah Kota Banda Aceh menekan angka pengangguran.

Pelatihan tersebut juga bagian dari kontribusi positif terhadap pengembangan sumber daya manusia, sehingga para peserta setelah mengikuti pelatihan mampu bersaing di dunia kerja serta bisa membuka lapangan pekerjaan.

"Kami juga berterima kasih kepada pihak yang terlibat menyukseskan pelatihan tersebut. Kepada peserta, kami berharap mengikutinya dengan sungguh-sungguh, sehingga selesai pelatihan bisa langsung masuk dunia kerja," sebut Aminullah Usman. ***1***

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019