Petugas pendamping program keluarga harapan (PKH) di  Kabupaten Aceh Barat menegaskan, penerima dana bantuan program pemerintah yang berasal dari kalangan keluarga mampu di Desa Pasi Aceh Tunong, Kecamatan Meurebo, sudah lama dicoret dari daftar penerima.

"Memang benar ada penerima PKH yang sudah menjadi keluarga mampu seperti yang disampaikan aparat desa, tapi itu data lama. Penerimanya sudah kita coret sejak April tahun 2018," kata Evan Harisyah, pendamping PKH Desa Pasi Aceh Tunong, Kecamatan Meureubo, kepada Antara, Minggu (14/4) di Meulaboh.

Menurutnya, penerima dana PKH yang dicoret tersebut sebelumnya memang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu, sesuai dengan data yang diterima dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Namun setelah status ekonominya berubah, maka sejak saat itu penerimaan dana PKH yang disalurkan langsung dari pemerintah pusat melalui rekening masing-masing penerima manfaat, yang bersangkutan dicoret dari daftar penerima dan diganti oleh peserta lain yang lebih berhak.

Untuk tahun 2019 ini, tidak ada lagi penerima bantuan dari kalangan keluarga mampu dan dari keluarga aparat desa, seperti yang dilaporkan.

Dari jumlah 31 orang yang menerima dana ini di Desa Pasi Aceh Tunong, Kecamatan Meureubo, semuanya adalah kalangan masyarakat yang tidak mampu dan berasal dari kalangan lansia.

"Intinya dalam tahun 2019 ini tidak ada lagi penerima dana PKH dari pihak yang tidak berhak. Semua sudah sesuai dengan aturan dari pemerintah," kata Evan Harisyah.

Baca juga: Penyaluran dana PKH di Aceh Barat disinyalir tak tepat sasaran

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah penerima dana bantuan program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial yang disalurkan bagi masyarakat di Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh kini diduga tidak tepat sasaran dan tak sesuai peruntukkan.

Laporan yang diterima Antara di Meulaboh, Sabtu (13/4/2019) menyebutkan rata-rata penerima bantuan dana yang diperuntukkan bagi masyarakat sangat miskin tersebut berasal dari keluarga mampu dan memiliki taraf ekonomi yang sangat baik.

"Rata-rata penerima dana PKH di desa kami adalah keluarga mampu, termasuk orang kaya," kata Abdul Gani, Tuha Peuet Desa Pasi Aceh Tunong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat kepada Antara.

Pewarta: T Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019