Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasaran harus dilakukan sejak dini terutama menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Aceh merupakan provinsi yang menerapkan syariat Islam di mana dalam menyambut bulan suci Ramadhan khususnya, masyarakat di provinsi ini mempersiapkan berbagai keperluan termasuk kebutuhan pokok," kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela membuka rapat koordinasi daerah terkait penetrasi harga dan ketersediaan bahan pokok masyarakat menyambut bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh di Banda Aceh.

Nova menjelaskan pengendalian dan ketersediaan bahan pokok harus tersedia dengan baik di pasaran sehingga tidak terjadi lonjakan harga dan tidak mempengaruhi daya beli masyarakat.

Menurut dia berbagai upaya antisipasi kenaikan harga kebutuhan seperti pemantauan pasar dan memantau ketersediaan stok serta kelancaran transportasi dari daerah penghasil ke konsumen harus terus dilakukan baik di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota.

"Alhamdulillah semua sistem berjalan dengan baik dalam hal pemantauan dan menjaga stabilitas harga atas sinergi degan semua pihak terutama dengan Kementerian Perdagangan," katanya.

Menurut dia untuk harga di pasaran pada tahun 2019 ada kecendrungan naik untuk sejumlah komoditas seperti bawang merah dan bawang putih, daging ayam ras dan daging sapi.

"Sesuai laporan peninjauan di pasar harga cenderung naik khusus untuk beberapa komoditas, sementara harga kebutuhan pokok stabil," katanya.

Kepala Pusat Penanganan Isu Strategis , Jully Paruhum Tambunan mengatakan dari hasil pantauan yang dilakukan di Pasar Peunayong Banda Aceh, harga komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan meliputi cabai merah keriting, bawang merah dan bawang putih.

"Berdasarkan data pantauan dinas provinsi diolah Ditjen PDN, harga bahan pokok dibanding dengan bulan sebelumnya pada tahun 2019 umumnya stabil dan turun, kecuali untuk komoditi hortikultura seperti cabai merah keriting, bawang merah dan bawang putih yang mengalami kenaikan," katanya.

Kepala Disperindag Aceh, M Raudhi mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan harga di pasaran dan termasuk ketersediaan kebutuhan pokok baik di Gudang Perum Bulog Aceh dan juga distributor yang ada di provinsi setempat.

"Kami juga terus membangun koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak dalam upaya antisipasi ketersediaan dan kelancaran pasokan termasuk antisipasi kenaikan harga," katanya.

Pihaknya juga akan menggelar pasar murah di kabupaten/kota dalam upaya antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran menjelang puasa Ramadhan 1440 Hijriah.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019