Dinas Sosial Provinsi Aceh menjadikan Desa Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya sebagai  kampung siaga bencana (KSB).

Pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb langsung mengukuhkan sejumlah puluhan tim relawan kampung siaga bencana di lapangan bola kaki Desa Mon Mata, Kecamatan Krueng Sabee, Rabu (1/5)

“Kampung siaga bencana di Aceh sudah terbentuk sebanyak 25 KSB dan Desa Mon Mata ini merupakan yang ke 26 dilatih oleh Dinsos Provinsi Aceh dan Tagana Aceh Jaya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak 29 April - 1 Mei 2019 yang diikuti oleh 60 orang,” ujar Alhudri selaku Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh kepada Antara.

Alhudri menyampaikan, pembentukan KSB tersebut bertujuan memberikan pemahaman dan perlindungan kepada masyarakat  Aceh Jaya khususnya Kecamatan Krueng Sabee dari risiko dan ancaman bencana.

“Dengan terbentuknya  KSB ini masyarakat Aceh Jaya ke depan akan siap dan siaga serta waspada terhadap bencana. Apa lagi daerah Aceh Jaya salah satu daerah yang rawan bencana terutama banjir,” ungkapnya.

Sehingga dengan adanya KSB yang telah dilatih oleh tim Tagana dari Provinsi Aceh dan Aceh Jaya ini ke depan bisa meminimalisir jatuhnya korban pada saat bencana datang, setidaknya sudah mengetahui arah untuk menyelamatkan diri.

“KSB ini juga untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman bagi stabilitas pemerintah daerah maupun secara nasional,” kata Alhudri.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya T Irfan TB, menyambut baik atas terbentuknya KSB di Desa Mon Mata sehingga ke depan masyarakat Aceh Jaya akan lebih siap dalam menghadapi bencana.

Ia berharap KSB yang telah terbentuk di Desa Mon Mata ini bisa mensosialisasikan kepada desa lainnya di Kecamatan Krueng Sabee dalam menghadapi risiko bencana.

" KSB yang dikukuhkan ini, ke depan bisa menjadi salah satu desa yang menjadi contoh bagi desa lainnya dalam upaya menghadapi bencana," ungkap Irfan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan simulasi saat terjadi bencana serta penyerahan secara simbolis peralatan operasional Kampung Siaga Bencana kepada desa setempat.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Kadis Sosial Provinsi Aceh Alhudri, Staf Gubernur Aceh, Wakil Bupati Tgk Yusri S, Kapolres Aceh Jaya AKBP Ekopurwanto, Perwakilan Dandim 0114 Aceh Jaya, Sekda Aceh Jaya Mustafa Ibrahim serta Para Kepala SKPK dalam Kabupaten Aceh Jaya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019