Partai Aceh (PA) diprediksi bakal kehilangan empat kursi di DPRK Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, pada Pemilihan umum legislatif (Pileg) 2019.

Berdasarkan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara oleh Komisi Independen pemilihan (KIP) Abdya yang diterima Antara, Rabu, Partai Aceh diprediksi hanya mampu meraih tiga kursi DPRK Abdya dari semua daerah pemilihan.       

Untuk daerah pemilihan Abdya III meliputi Kecamatan Kuala Batee dan Kecamatan Babahrot, Partai Aceh diperkirakan hanya mampu meraih satu kursi dengan jumlah 3.179 suara.

Begitu juga dengan daerah pemilihan Abdya II yang meliputi Kecamatan Lembah Sabil, Kecamatan Manggeng, Kecamatan Tangan-Tangan, dan Kecamatan Setia.

Baca Juga: KIP Abdya : Prabowo-Sandi unggul 89,30 persen

Meskipun daerah pemilihannya memiliki empat kecamatan, namun suara yang diraih diprediksi hanya cukup untuk satu kursi DPRK Abdya, yakni sekitar 3.581 suara.

Sama juga dengan dapil Abdya I yang meliputi Kecamatan Blangpidie, Susoh dan Jumpa. Dari dapil itu Partai Aceh juga meraih satu kursi dengan perolehan 2.612 suara.

Meskipun suara Partai Aceh dari masing-masing dapil terwakili di DPRK Abdya, namun, jumlah kursi yang diraih pada Pileg 2019 ini lebih sedikit jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

Pileg sebelumnya Partai Aceh mampu meraih tujuh kursi di DPRK Abdya, sehingga tampuk kepemimpinan dilegeslatif periode 2014-2019 dikuasai oleh Partai Aceh.

Belum diketahui penyebab merosotnya suara Partai Aceh hingga lebih 50 persen di Kabupaten Abdya. Padahal di daerah lain kursi Partai Aceh masih mendominasi di DPRK.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019