Pangkalan TNI Al Lhokseumawe, Provinsi Aceh, melakukan pencarian terhadap dua remaja yang terbawa arus saat mandi di pantai wisata Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Minggu sore.

"Kita langsung bertindak dengan menurunkan personil dan berkordinasi dengan SAR Aceh Utara untuk melakukan pencarian terhadap dua remaja yang hilang terseret arus laut saat berenang di lokasi pantai tersebut," kata Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal, Minggu malam.

Sebutnya, berdasarkan keterangan yang dihimpun dar lokasi kejadian, bahwa kronologis awalnya adalah, saat Tiga remaja yang masing bernama Arif Aulia (14), Muhammad Ijas (14) dan Imam Faluthi (15), ketiganya adalah warga Gampong (desa) Ulee Nyeu, Kecamatan Bandar Baro, sedang berenang di pantai tersebut sekitar pukul 16.00 WIB.

"Sekira 50 meter dari bibir pantai, tiba-tiba Arif Aulia, terlihat terbawa arus ke tengah laut. Melihat temannya terbawa arus, Imam Faluthi dan Muhammad Ijas, mencoba untuk membantu dengan berenang mengejar ke tengah laut," kata Danlanal Lhokseumawe.

Sambungnya, akan tetapi saat berenang ke tengah akan membantu, Imam Faluthi dan Muhammad Ijas, hanyut terbawa arus ke tengah laut, sedangkan Arif Aulia, berhasil selamat dengan berenang ke pinggir pantai dan di tolong oleh pemuda setempat.

Atas kejadian tersebut, warga melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala desa setempat dan pada pukul 18.10 WIB, Kepala Desa Payah Dua Ismail Rauf, melaporkan kejadian itu ke penjagaan Mako Lanal Lhokseumawe.

"Terkait laporan tersebut, Lanal Lhokseumawe menurunkan tim SAR Lanal Lhokseumawe personel ditambah peralatan selam dan perahu karet serta melakukan koordinasi dengan SAR Aceh Utara. Serta selanjutnya, bersama SAR Aceh Utara dan nelayan sekitar pantai lokasi kejadian melakukan pencarian,” jelas Danlanal Lhokseumawe.

Akan tetapi hingga pukul 21.30 WIB, tim gabungan SAR dan keluarga korban belum berhasil ditemukan dan kegoatan pencarian terpaksa dihentikan, dikarenakan situasi arus yang kencang dan cuaca gelap sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan pencarian.

"Pencarian direncanakan akan dilanjutkan besok sekitar pukul 07.00 WIB,” kata Danlanal Lhokseumawe.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019