Populasi ternak kerbau milik petani di Kabupaten Aceh Barat kini mencapai 25.000 ekor lebih.

"Keberhasilan ini diraih berkat kerja keras seluruh penyuluh pertanian yang selama ini giat melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada petani," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Said Mahjali kepada Antara, Sabtu di Meulaboh.

Hal ini juga didukung oleh ketersediaan pakan yang sangat banyak dan mudah didapatkan di sekitar pemukiman warga, sehingga ternak yang digembala secara berkelompok tersebut mudah mendapatkan sumber makanan.

Selain itu, masyarakat juga menerapkan metode pemeliharaan ternak secara alami dengan melepaskan ternak ke alam liar dan dilakukan pengawasan oleh petani, tenaga penyuluh dan dokter hewan.

Atas keberhasilan ini, Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Aceh Barat menargetkan akan melakukan program sistem penggemukan ternak kerbau sebagai salah satu sentra penggemukan ternak kerbau di Aceh, agar program swasembada daging di Aceh dapat diraih dan dipertahankan.

"Program penggemukan ini tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan daging ternak, dari biasanya per ekor seberat 100 kilogram menjadi 150-170 kilogram per kerbau," kata Said Mahjali.

Sedangkan jumlah konsumsi daging masyarakat di Kabupaten Aceh Barat termasuk tinggi, dengan jumlah kerbau yang disembelih di rumah potong hewan setiap harinya mencapai tiga hingga lima ekor ternak.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019