Polisi Resor Kabupaten Aceh Utara, Aceh, mengadakan lomba pos keamanan lingkungan (Pos Kamling), guna memberikan semangat serta menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsi Pos Kamling, bagian memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke73 Bhayangkara.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Binmas AKP Teguh Yano Budi, di Lhoksukon Sabtu malam mengatakan, lomba Pos Kamling tingkat kecamatan ini digelar Polres melalui Sat Binmas.

“Perlombaan Pos Kamling ini untuk memberikan semangat, serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan, serta tugas fungsi Pos Kamling itu sendiri, juga untuk memeriahkan HUT Bhayangkara,” kata Teguh Yano Budi.

Dikatakan, Pos Kamling memiliki banyak fungsi, tidak hanya sebagai pos keamanan lingkungan di suatu permukiman, namun juga sebagai tempat memberikan bantuan atau pertolongan pertama kepada warga.

Di lain sisi, sambung AKP Teguh, keberadaan Pos Kamling juga sebagai sarana petunjuk bagi masyarakat atau tempat bertanya, apabila ada warga atau tamu yang kesasar saat mencari alamat di suatu tempat.

Disebutkan, ada 15 kecamatan yang berada di wilayah hukum Polres Aceh Utara, namun hanya 13 kecamatan yang mengajukan Pos Kamling untuk diikutkan dalam perlombaan ini untuk memeriahkan HUT Bhayangkara.

Setiap Polsek, sambung Kasat Binmas, masing-masing mengikut sertakan 1 Pos Kamling terbaik di kecamatan masing-masing, yang nantinya akan dinilai oleh panitia yang sudah ditentukan dalam perlombaan ini.

Ke- 13 Pos Kamling yang mengikuti lomba ini, masing-masing dari Kecamatan Lhoksukon, Langkahan, Cot Girek, Tanah Jambo Aye, Baktiya, Baktiya Barat, Matangkuli, Tanah Luas, Tanah Pasir, Paya Bakong, Pirak Timu, Nibong dan Syamtalira Aron, sementara Seunuddon serta Lapang tidak mengikutinya.

Menurut AKP Teguh, setiap Pos Kamling yang diperlombakan ini terlebih dulu akan dikunjungi pihaknya, untuk dinilai dari berbagai aspek antara lain bangunan, fungsi, kelengkapan, sarana dan prasarana serta kesiapan baik petugas jaga dan lain sebagainya. 

Tim yang turun ke lokasi Pos Kamling dan melakukan penilaian dipimpin langsung Kasat Binmas Polres Aceh Utara.

"Untuk juaranya akan diumumkan pada pelaksanaan acara puncak peringatan hari Bhayangkara ke-73," pungkas AKP Teguh.
 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019