Pelaksana tugas  Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta Sekretaris Daerah Taqwallah dapat segera menuntaskan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 bersama DPR Aceh.

"Koordinasi dengan Badan Anggaran DPR Aceh harus lebih ditingkatkan, apalagi sebagai Sekda,  saudara juga menjabat sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Aceh," kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melantik Sekretaris Daerah Provinsi Aceh, Taqwallah yang sebelumnya dijabat oleh Dermawan, berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 90/TPA tahun 2019.

Baca juga: Plt Gubernur Aceh Lantik Taqwallah Sebagai Sekda

Ia menjelaskan sebagaimana amanat Undang-Undang Pemerintahan Daerah, Sekda bertanggung jawab kepada kepala daerah, sehingga semua tugas dan tanggung jawab yang diemban dijalankan dengan sebaik mungkin, dan senantiasa berkoordinasi dengan pimpinan Pemerintahan Aceh.

"Sekda juga akan membantu saya dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lain di Pemerintahan Aceh.

Ia mengatakan Sekda juga harus mendorong kinerja seluruh Satuan Kerja Perangkat Aceh agar mampu mencapai target-target yang dicanangkan di dalam APBA 2019," katanya.

Baca juga: Polda Sumut selidiki kebakaran rumah wartawan di Aceh Tenggara

Menurut dia posisi Sekda sangatlah penting dalam menjalankan kebijakan otonomi daerah, terutama untuk Aceh yang mendapat predikat sebagai Daerah Otonomi Khusus.

"Sekda mempunyai tugas membantu kepala daerah menyusun kebijakan dan pengkoordinasian tugas-tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif," katanya.

Tugas utama lainnya adalah sebagai Koordinator Pengelolaan Keuangan Daerah dan Koordinator Pelaksanaan Tugas Dinas dan lembaga lainnya.

Baca juga: Diduga lakukan pelecehan terhadap mahasiswi, pejabat Aceh Jaya dilaporkan ke Polda Aceh

Ia menjelaskan Sekda memiliki peran sangat strategis dalam pemerintahan dan citra pemerintah daerah juga sangat ditentukan oleh kinerja sekretaris daerah.

"Buatlah sejarah baru dalam pengabdian saudara, sehingga seluruh aparatur dan rakyat Aceh dapat merasakan manfaat kepemimpinan saudara sebagai Pimpinan Tinggi Pratama di Pemerintahan Aceh," katanya.

Ia meyakini dengan sederet pengalaman yang dimiliki Taqwallah akan mampu menjalankan tugas yang telah diberikan dengan baik dan berharap kepada seluruh ASN di Pemerintah Aceh untuk mendukung Sekda yang baru dilantik tersebut.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019