PT Pegadaian (Persero) Area Aceh menghadirkan pendiri aplikasi Muslim Life, Tri Wahyudi untuk memberikan semangat kepada sejumlah pelaku usaha di Provinsi Aceh untuk memanfaatkan teknologi dalam pengembangan usaha.

"Salah satu upaya sukses dalam berbisnis terutama melalui aplikasi adalah dengan mengenal kebutuhan dan masalah konsumen, bukan mencintai produk sendiri yang terkadang sudah tidak sesuai dengan permintaan pasar," kata Tri Wahyudi di Gade Cafe, Blang Padang, Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya dalam bincang santai seputar teknologi dan investasi, Start Up yang menghadirkan para pelaku usaha dari Banda Aceh dan sejumlah daerah lainnya termasuk kalangan siswa.

Ia menjelaskan bisnis dengan menggunakan aplikasi khususnya bukan sekadar memanfaatkan produk semata, tapi sejauh mana jumlah penjualan dari sebuah produk yang dijual yang menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Baca juga: PT Pegadaian Aceh siapkan 5.600 paket jelang lebaran Idul Adha

Menurut dia untuk menjadi pelaku usaha dalam memanfaatkan aplikasi adalah mampu memahami kebutuhan konsumen sehingga akan banyak pengunjung dan transaksi sehingga akan mendapat suntikan investasi dari pihak lainnya.

"Artinya, tanpa ada tempat usaha yang besar pun, pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan baik karena media penjualannya menggunakan aplikasi," katanya.

Ia mengatakan untuk membangun sebuah usaha melalui aplikasi dibutuhkan kerja sama dengan pihak lainnya yang ikut memahami terhadap kebutuhan konsumen serta memetakan terhadap pasar yang akan disasar oleh produk tersebut.

Baca juga: Pengadaian sosialisasikan Qanun LKS Aceh dari Sabang

Kegiatan tersebut mendapat sambutan antusias dari para peserta yang kebanyakan merupakan para pelaku usaha yang bertekad untuk maju dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang.

Dalam kesempatan tersebut, Tim Pegadaian Syariah Area Aceh juga ikut memberikan edukasi tentang investasi emas yang dapat dilakukan di PT Pegadaian Syariah yang ada di Aceh khususnya seperti seperti tabungan emas dan Arrum haji.

Vice President PT Pegadaian Area Aceh, Ferry Hariawan mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan bagian memberikan motivasi kepada para pelaku usaha dan juga siswa agar dapat memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Menurut dia pengembangan usaha melalui aplikasi akan mampu meningkatkan pendapatan bahkan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan investasi dari pihak lainnya seiring terus meningkatnya kepercayaan pemilik oleh investor.

Baca juga: Pegadaian Aceh targetkan penjualan emas seberat 15 Kilogram
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019