Camat Kecamatan Tanah Pasir, Kabupaten Aceh Utara, Teuku Nadirsyah mengharapkan peserta kegiatan bursa inovasi desa (BID) di kecamatan itu dapat melahirkan ide-ide baru, sehingga akan berdampak positif bagi pemberdayaan ekonomi.

“Kami harapkan peserta kegiatan ini, dapat menciptakan ide-ide baru, untuk dijadikan konsep, agar bisa dituangkan dalam satu komitmen yang akan diaplikasikan dalam APBDes tahun 2020, sehingga bisa memberikan ide inovatif dan kreatif dalam kegiatan itu,” sebut Teuku Nadirsyah, Sabtu (31/9).

Pernyataan itu disampaikan Nadirsyah di sela-sela membuka kegiatan BID yang digelar Tim Pelaksana Inovasi Gampong (TPIG) Tanah Pasir, dengan tema "Penerapan Konsep Inovasi Desa Melahirkan Gampong Kreatif Maju dan Berdaya Saing" berlangsung satu hari di Aula Kantor Camat setempat.

Baca juga: Politikus Partai Aceh apresiasi kegiatan bursa inovasi desa di Lapang

Peserta kegiatan itu adalah para keuchik (Kepala desa), Tuha Peut dan perwakilan perempuan di 18 gampong dalam Kecamatan Tanah Pasir dan setiap gampong hanya diwakili tiga peserta, turut juga dihadiri Pelaksana Inovasi Desa (PID) dan Pendamping Desa (PD).

Dalam kesempatan itu, Camat Nadirsyah mengharapkan, dengan ada kegiatan BID ini dapat mewujudkan implementasi dari ide masyarakat, sehingga mampu menggali sumber daya manusia (SDM) yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam peningkatan ekonomi melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Baca juga: Inovasi desa Nagan Raya pamerkan telur asin bakar

Sementara Ketua TPIG Kecamatan Tanah Pasir, De Junaidi menyebutkan, bahwa tujuan inovasi dDesa ini dalam rangka mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa (gampong) secara berkualitas, efektif dan inovatif.

“Bursa inovasi desa dilaksanakan untuk membantu gampong dalam meningkatkan pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa," katanya.

"Selain itu sebagai ajang pertukaran gagasan inovasi desa, pemaparan, pengamatan, unit belajar, bimbingan serta konsultasi,” pungkasnya.
 

Pewarta: Zubir

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019