Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh utara, Hidayat Thaib mengharapkan agar 45 anggota DPRK setempat yang terpilih bisa mencipatakan warna baru bagi daerahnya.

"Semoga anggota dewan terpilih dapat mengemban amanah untuk kesejahteraan rakyat, jangan bekerja seperti Lueng Patah (kerja tidak beraturan)," katanya kepada Antara di Lhokseumawe, Senin (2/9).

Sebanyak 45 anggota DPRK Aceh Utara periode 2019-2024 yang terpilih telah dilantik dan diambil sumpahnya, Senin (2/9).

Baca juga: KIP Aceh Utara tetapkan anggota dewan terpilih, berikut nama-namanya

Masyarakat Aceh Utara menaruh harapan besar kepada mereka yang telah menempati posisi dewan yang terhormat. Agar kelak dewan terpilih dapat menjadi amanah dalam melaksanakan tugasnya, demi perubahan Aceh Utara menjadi lebih baik lagi.

Ia mengatakan semoga dengan terpilihnya 45 anggota DPRK Aceh Utara dapat meciptakan warna baru di legeslatif dalam membawa aspirasi rakyat Aceh Utara hingga 2024.

Dikatakannya, dewan terpilih harus lebih bersinergi dengan pemerintah, sehingga KNPI dapat menjadi mitra pemerintah yang selalu dapat mendampingi pemerintah dalam memajukan Aceh Utara.

Baca juga: GeRAK desak polisi usut dugaan ijazah palsu anggota dewan terpilih

"Eksekutif dan legeslatif dapat bersinergi dalam mendampingi pemerintah," katanya.

Kemudian, kata Dayat, sumpah jabatan yang dilakukan bukanlah sebuah seremonial semata. Pasalnya ada amanah dan harapan rakyat yang dititipkan untuk diperjuangkan sebagai bentuk pengabdian.

"Setelah pelantikan ada amanah rakyat yang dibawa para anggota legislatif ini. Ada harapan rakyat dititipkan dan itu harus diperjuangkan," ungkapnya.

Baca juga: 20 anggota DPRK Aceh Jaya terpilih dilantik, 2 orang dewan lama absen

Menurutnya, lima tahun masa jabatan merupakan waktu yang singkat dalam pengabdian diri atas janji kampanye yang dilakukan saat pileg lalu. Apa yang telah dijanjikan kepada masyarakat merupakan hal yang wajib untuk diwujudkan.

"Kita meminta anggota dewan terpilih dapat menjalankan amanah dari rakyat yang sudah memilih mereka dan semoga amanah tersebut dapat dilaksanakan dengan baik demi pembangunan Aceh Utara," kata Hidayat.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada anggota dewan lama atas baktinya untuk Aceh Utara dan kepada dewan baru semoga dapat melanjutkan estafet untuk kabupaten Aceh Utara lebih baik lagi.

"Kemajuan Aceh Utara tidak hanya dilihat dari sektor insfratruktur saja akan tetapi juga dapat dilihat dari sektor sosial dan pemberdayaan ekonomi, seperti kata petua kita Apa Karya : menyoe troe pruet mandum bereh (kalau perut kenyang, semua bakal beres)," tutupnya.

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019