Sebanyak  40 anggota DPRK Aceh Timur periode 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Idi, Apri Yanti, SH, MH pada rapat paripurna di Gedung DPRK setempat di Idi, Senin (2/9).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib, Wabup Aceh Timur Syahrul Bin Syama’un, Sekda Aceh Timur M Ikhsan Ahyat, Kapolres Aceh Timur AKBP Wahyu Kuncoro, Dandim 0104 Aceh Timur, Kajari Aceh Timur, Abun Hasbullah Syambas, SH, MH, ulama kharismatik Aceh Tgk H M Ali (Abu Paya Pasi).

Baca juga: 45 anggota DPRK Aceh Utara dilantik, dua absen

Bupati Hasballah yang akrab disapa Rocky dalam sambutanya meminta anggota DPRK Aceh Timur terpilih terus membangun koordinasi dan bersinergi bersama eksekutif dalam membangun daerah ke depannya.

"Hal ini dipandang perlu demi terwujudnya kemitraan yang setara dalam posisi sama-sama sebagai penyelenggara pemerintah daerah. Tentunya kinerja dan kerjasama yang baik akan  berdampak pada kualitas Pemkab Aceh Timur  nantinya," ujar Rocky.

Baca juga: 25 anggota DPRK Nagan Raya resmi dilantik

Selain itu, sambung Bupati, diawal tugasnya anggota DPRK Aceh Timur diharapkan agar terus dan dapat meningkatkan kapasitasnya dalam fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

"Kita sangat berharap ke depan dewan bisa berkerja dengan maksimal baik dalam merancang qanun-qanun dan pembahasan anggaran. Kita sama-sama  harus mengejar target pembangunan Aceh Timur bisa terealisasi dengan cepat tanpa hambatan," kata Rocky.

Baca juga: Sebanyak 30 anggota DPRK Aceh Tengah dilantik

Ia juga mengucapkan selamat bertugas kepada anggota dewan yang telah dilantik untuk periode 2019-2024 agar bekerja baik untuk kemajuan Aceh Timur yang lebih baik dan sejahtera.

Prosesi pelantikan anggota DPRK Aceh Timur berlangsung khitmad. Sementara Pimpinan Sementara DPRK Aceh Timur periode 2019- 2024 sesuai dengan aturan perundang-undangan yakni anggota DPRK terpilih dari partai politik dengan suara terbanyak pertama yakni Partai Aceh yaitu Fattah Fikri.

Sementara Wakil Ketua Sementara jatuh ke Partai Gerindra yakni Muhammad Nur, S.Pd.I, M.H.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019