Aceh telah meloloskan dua atlet balap motor road race (jalan raya) ke PON XX/2020 di Papua.

Ketua Harian Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Aceh, Devid Jasaputera kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (13/9) mengatakan, dua racer Aceh yang lolos PON yaitu Abdul Malik kelas beregu 150cc kategori 20 tahun ke atas dan Muhammad Dari Haq kelas perorangan 150cc kategori di bawah 20 tahun.

Devid menyebutkan, Abdul Malik lolos PON setelah di Pra PON nomor balap motor yang berakhir digelar di Sirkuit Sentul, Jakarta, Rabu (11/9) berada di peringkat 11 dari 12 kuota lolos PON. Sedangkan Muhammad Dari Haq peringkat ke-12 dari 24 kuota.

Baca juga: Rugby putra dan putri Aceh lolos PON

Dijelaskannya, Pra PON balap motor memperlombakan empat kelas. Dua pembalap Aceh yang tidak lolos PON yaitu Agus Setiawan kelas perorangan 150cc kategori di atas 20 tahun.
 
Agus Setiawan terjatuh di lap terakhir sehingga finish di posisi akhir.

Begitu juga, sebutnya,  M Dari Haq yang juga dipercaya turun berlomba di kelas beregu di bawah 20 tahun sebenarnya sudah dalam posisi aman, yaitu posisi ke tujuh, namun saat lap 11 dari 25 lap yang dilombakan bertabrakan dengan pembalap Jambi untuk memperebutkan posisi ke enam.

Baca juga: Lagi, dua atlet Aceh lolos PON, sementara total 16 atlet

"Akhirnya dia tidak dapat melanjutkan lomba. Inilah balap motor sudah aman di posisi 7, tapi crash dengan pembalap lain, sehinngga tidak dapat melanjutkan lomba," ujarnya.

Devid mengatakan, cabang olahraga bermotor akan melanjutkan Pra PON nomor motorcross yang akan digelar di Banten 14 - 15 September 2019.

Baca juga: Pengprov Perserosi Aceh target lolos PON

"Aceh akan mengikuti dua kelas dari empat kelas yang dilombakan di nomor motorcross," pungkasnya.

Pewarta: Heru

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019