Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Aceh Barat Daya (Abdya), memberi dukungan penuh terhadap wacana Pemerintah dalam mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) barat-selatan yang dipusatkan di kawasan Teluk Surin, Kuala Batee.

"Kita dari DPC PDI Perjuangan mendukung penuh program pengembangan KEK tersebut, agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yang bermukim di wilayah pantai barat-selatan Aceh," kata ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Abdya, Hasbi MS di Blangpidie, Selasa.

Baca juga: SISC minta dukungan Bank Indonesia jadikan KEK Surin, Abdya

Menurut Hasbi, jika Pemerintah tingkat pusat maupun tingkat Provinsi Aceh mewujudkan KEK barat-selatan di Teluk Surin tentu dapat menghidupkan kembali denyut ekonomi rakyat agar bergerak lebih maju lagi di daerah itu.

"Di samping itu kita juga meminta Pemerintah dalam pengembangan KEK barat-selatan ini nanti harus memperhatikan keharmonisan lingkungan sekitar, baik alam, budaya, maupun manusianya," ucap Hasbi menambahkan.

Baca juga: Tim penilai KEK tinjau Teluk Surin Abdya

"Kita juga harus memandang potensi dan kekuatan yang ada di masing-masing elemen dan seluruh kabupaten di barat selatan Aceh, agar dapat tumbuh dengan baik dengan saling menguatkan potensi strategis yang ada dan berjuang bersama dalam mewujudkan KEK ini," ujarnya.

"Jadi, tidak hanya dilihat dalam kotak-kotak administrasi pemerintahan kabupaten belaka. Sudah waktunya para elit politik dan pelaku usaha di barat-selatan, mencari cara patut untuk sama-sama mengukuhkan kekuatan masing-masing dan saling mendukung ke arah kemajuan bersama," tutur Hasbi lagi.

Baca juga: Bupati Akmal minta Tim penilai KEK objektif demi Aceh

Sebab, lanjutnya, bila Teluk Surin disepakati menjadi pintu keluar komoditas unggulan ke Samudera Hindia menuju bandar utama di pusat-pusat pasar dunia, maka kabupaten sekitar tentu perlu pula dikuatkan, agar dapat menyangga dari segala segi dan mendongkrak potensi utama mereka.

"Jadi, dengan begitu, kita dapat bangkit untuk sama-sama agar KEK barat-selatan ini berada di Teluk Surin Abdya," tutupnya.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019