Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mulai membagikan ribuan masker kepada pengguna jalan di kawasan Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, tepatnya di Taman Saleum Teuka, Selasa (24/9).

Pembagian masker tersebut akibat kabut asap yang mulai menyelimuti wilayah Kabupaten Aceh Jaya sejak dua hari yang lalu.

Baca juga: Nelayan Aceh diimbau pakai GPS hindari dampak kabut asap di laut

"Hari ini kita melakukan pembagian masker kepada masyarakat Aceh Jaya ini merupakan langkah antisipatif kita dengan menyiapkan masker menyusul meluasnya kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa provinsi di sumatera," ujar Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb kepada Antara saat melakukan pembagian langsung masker kepada pengguna jalan.

Ia menambahkan, pembagian ini tidak hanya dibagikan di tingkat kabupaten saja namun pihaknya juga akan memerintahkan camat di setiap kecamatan untuk melakukan pembagian masker di seluruh Aceh Jaya.

Baca juga: Dampak kabut asap dan solusi saat beraktivitas

"Masker ini juga akan dibagikan di setiap kecamatan di Aceh Jaya, akan kita perintahkan camat nanti," tuturnya.

Irfan menambahkan, jika kabut asap terus meningkat pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan juga akan membuka posko di setiap kecamatan.

"Kami juga mengimbau kepada setiap pelayanan kesehatan untuk selalu stanbay mengingat kondisi kabut yang mulai melanda Aceh Jaya," harapnya.

Pembagian masker tersebut turut dibantu oleh BPBK Aceh Jaya, Dinas Kesehatan Aceh Jaya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019