Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Lhokseumawe menggandeng e-commerce blibli.com (PT. Global Digital Niaga) untuk meningkatkan penjualan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)  melalui onboarding produk-produk lokal Aceh ke dalam ekosistem digital.

Kepala BI Lhokseumawe, Yufrizal di Lhokseumawe, Kamis (17/10) mengatakan, dalam hal perluasan akses pasar, pihaknya fokus terhadap peningkatan literasi digital serta bimbingan berkelanjutan dalam pemanfaatan produk-produk digital.

Baca juga: BPMA: Menteri ESDM setujui pengembangan gas lepas Pantai Lhokseumawe

Peluang pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran semakin didukung oleh tingginya tingkat penetrasi internet di Indonesia.

"BI Lhokseumawe akan mendorong perkembangan pelaku UMKM, terutama dari segi penguatan produksi dan perluasan akses pasar," katanya.

Baca juga: PLN-PAG koordinasi persiapan pengoperasian PLTMG Arun 240 MW

Selanjutnya, kata Yufrizal, kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan UMKM melalui onboarding produk-produk lokal Aceh ke dalam ekosistem digital.

Acara tersebut dihadiri oleh 43 UMKM terbaik di wilayah kerja KPw BI Lhokseumawe.

Pada acara tersebut para pelaku UMKM dilatih untuk meningkatkan literasi digital melalui peningkatan kualitas foto produk, penjelasan fitur-fitur e-commerce serta diskusi terkait tips & trik dalam mengoptimalkan platform digital sebagai senjata pemasaran baru.

Baca juga: Motivasi BI untuk kepala desa se-Lhokseumawe

Dalam kesempatan ini, blibli.com juga memperkenalkan program Galeri Indonesia dan bliblistar yang mengakomodir dan mengembangkan produk lokal, ucapnya.

Kemudian, Yufrizal menyampaikan bahwa UMKM harus segera beradaptasi terhadap perubahan untuk dapat mendukung ekonomi daerah, khususnya perubahan perilaku pasar yang semakin bergantung pada produk-produk digital.

"Diharapkan pada acara ini, UMKM mendapatkan pengetahuan dan insight tentang  peran e-commerce, khususnya blibli.com, sebagai media peningkatan pemasarannya," papar Yufrizal.

Sementara itu, Vice President blibli.com, Andreas Pramaditya, mengungkapkan produk-produk lokal Aceh sangat potensial untuk dapat dipasarkan secara nasional maupun internasional.

“blibli.com siap membantu produsen-produsen produk lokal di wilayah kerja KPw BI Lhokseumawe dalam hal perluasan pasar, sehingga produk dapat dinikmati oleh pembeli dimanapun berada dan tanpa batas," sebutnya.

Pihak blibli.com juga terkesan dengan tingkat literasi digital serta semangat berkembang dari UMKM binaan KPw BI Lhokseumawe.

Produk kriya, komoditas kopi serta produk ramah lingkungan diakui menjadi produk unik asal Aceh yang sangat potensial untuk ditingkatkan penjualannya.

 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019