Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Aceh Barat Daya menyelenggarakan festival lagu kebangsaan yang diikuti 50 peserta dalam rangka memeriahkan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di daerah tersebut.

Ketua KNPI Abdya, Afzal di Blangpidie, Senin, mengatakan, 50 peserta yang mengikuti festival tersebut khusus yang berumur 30 tahun ke bawah.

"Acara festival lagu kebangsaan ini kami laksanakan, Minggu (27/10), di halaman kantor Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Abdya,” kata Afzal.

Usai menggelar festival lagu kebangsaan, pada Minggu malam para Pemuda Abdya melanjutkan doa bersama dan "Rateeb Siribee” (zikir)  di Masjid At-Taqwa, Desa Cot Bak U, Kecamatan Lembah Sabil.  

"Selain itu, KNPI Abdya juga melakukan seminar kepemudaan yang bekerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan Abdya. Seminar ini kita jadwalkan pada pertengahaan November 2019,” tuturnya.

"Kemudian kita juga menggelar turnamen Volyball KNPI Cup yang insyaallah akan kita laksanakan pada akhir November 2019 dengan total hadia sebesar Rp50 juta. Rencananya turnamen ini semi open,” tutur Afzal lagi.

Disamping untuk menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda, keempat kegiatan yang dilaksankan oleh KNPI Abdya tujuannya untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan persatuan para pemuda di era milenial ini.

"Kita berharap para pemuda terus menjalin persatuan dan kesatuan demi mempertahankan NKRI dengan tidak mengaburkan nilai-nilai keislaman dengan semakin berkembangnya zaman,” kata Afzal.

Upacara Hari Sumpah Pemuda

Sementara itu, pada kegiata upara Hari Sumpah Pemuda berlangsung di halaman Kantor Bupati Abdya di Blangpidie, Senin. Dan bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Ketua DPRK Abdya, Nurdianto.
Para pejabat Pemkab Abdya, TNI-Polri dan Organisasi Kepemudaan foto bersama usai upacara HUT Sumpah Pemuda di Blangpidie, Senin. ANTARA/HO

Upacara dihadiri Setdakab Abdya, Drs Thamrin, Kapolres AKBP Moh Basori, Forkopimkab Abdya, TNI-Polri, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dijajaran pemkab Abdya, KNPI, Pemuda Pancasila, dan para siswa-siswi di daerah itu.

Ketua DPRK Abdya Nurdianto membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

Dalam sambutan tersebut Menteri mengatakan, peringati Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema itu diambil untuk  menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang dikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, yang intinya hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Usai melaksanakan upacara, Kapolres Abdya, Moh Basori mengelar Fokus Group Discusion (FGD) bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di aula UPTD pendidikan daerah itu.

Pelaksanaan FGD dengan semangat sumpah pemuda, Polres Abdya bersama kaum milenial di kabupaten itu mengaku siap menjaga keutuhan NKRI dari faham radikalisme dan penyalahguaan narkoba.    

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019