Puluhan korban banjir di Desa Cot Amun, , Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, kini mulai diserang penyakit setelah pemukiman warga di daerah ini terendam banjir dengan ketinggiar air mencapai diatas satu meter.

Adapun penyakit yang kini mulai menjangkiti warga Desa Cot Amun, Kecamatan Samatiga di antaranya flu, batuk, demam, dan gatal-gatal.

Baca juga: Bupati Aceh Barat beri semangat kepada korban banjir

"Kebanyakan pasien yang kita obati adalah pasien yang mengalami penyakit kulit karena gatal-gatal, umumnya anak-anak dan balita," kata Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Sufiani SKep, Sabtu.

Menurutnya, sebagian besar korban banjir yang terkena penyakit gatal-gatal tersebut juga terdiri dari pria dewasa dan para orang tua atau kaum lanjut usia.

Baca juga: Bupati pimpin penanggulangan banjir di Aceh Barat

Pengobatan yang dilakukan petugas dengan cara mendatangani langsung masyarakat ke lokasi banjir, dan memberikan pengobatan sesuai dengan penyakit yang diderita.

"Kami mengimbau  kalangan orang tua agar tidak mengizinkan anak-anak mandi di genangan banjir, karena bisa menyebabkan penyakit gatal-gatal," kata Sufiani.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan sejumlah Puksesmas yang daerah tugasnya terdampak banjir, agar segera melakukan pengobatan kepada masyarakat yang terdampak.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat di lokasi bencana bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara cepat dan menghindari hal yang tidak diinginkan, khususnya selama musim penghujan, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019