Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan melakukan pemasangan stiker di setiap rumah keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH).

"Tujuannya adalah untuk membuat masyarakat sadar, mungkin ada anggota PKH yang sudah mampu namun masih mendapatkan bantuan," kata Ibnu Abbas, Kepala Dinas Sosial Aceh Jaya saat dijumpai di kantornya di Calang, Jumat (15/11).

Ia menyampaikan sebenarnya pertama sekali keluarga yang sudah mampu itu harus dikeluarkan dari data KPM PKH.

"Keluar dari data fakir miskin sebenarnya harus dari diri pribadi mereka. Kalau tidak mau juga pihak desa bisa mengadakan rapat atau musyawarah bagi yang sudah mampu dapat dikeluarkan dari daftar tersebut," ujar Ibnu Abbas.

Ia menyampaikan pemasangan stiker ini juga salah satu tujuan agar para penerima yang sudah mampu merasa malu untuk menerima dana tersebut.

"Pemasangan stiker ini juga sebagai seleksi alam, saat dipasang stiker rumah orang miskin otomatis mereka yang ada mobil di rumah dan dari kalangan sudah mampu akan malu sendiri," tutur Ibnu Abbas.

Ibnu Abbas menyampaikan bahwa jumlah penerima PKH di Aceh Jaya saat ini ada 4.792 penerima manfaat.

Ia menuturkan bahwa untuk stiker sendiri sedang menunggu dari pihak provinsi Aceh karena baged untuk pencetakan stiker tersebut ada di provinsi Aceh.


"Kalau tidak ada kendala mungkin dalam bulan 12 ini akan segera kita tempel stiker tersebut," tutupnya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019