Badan Pusat Stastistik Kabupaten Aceh Jaya akan optimalkan Sensus Penduduk tahun 2020 ini secara manual dikarenakan jaringan internet di daerah itu kurang baik.

"Saat ini memang ada dua metode dapat dilakukan sensus, secara online dari Februari-31 maret 2020, namun tidak semua bisa ikut sensus online selain sinyal jaringan internet kurang baik juga harus memiliki android dan juga laptop," kata Amir Fadhli selaku Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Jaya di Calang, Senin (2/3).

Baca juga: Bupati imbau ASN ikut aktif sukseskan Sensus Penduduk 2020

Oleh sebab itu, kata Amir bagi rumah tangga yang belum mendaftar secara online maka akan didata secara lengkap dengan cara manual pada bulan Juli 2020.

"Nanti petugas akan direkrut dan akan diturunkan ke setiap desa untuk menyisir kembali warga masyarakat yang belum terdata secara online," kata Amir.

Baca juga: Bupati keluarkan surat edaran sukseskan sensus penduduk di Bener Meriah

Amir menyampaikan meskipun demikian dirinya mengimbau kepada masyarakat yang mempunyai android dan laptop serta jaringan internet yang kuat dapat mengikuti sensus secara online.

Ia juga berharap kepada masyarakat yang belum sensus secara mandiri dapat menunggu panitia sensus yang datang ke rumah-rumah nantinya.

"Kita harapkan partipasi masyarakat semua dalam mengikuti sensus penduduk ini, baik ber KTP Aceh Jaya maupun bukan ber KTP Aceh Jaya, sehingga tidak ada masyarakat Aceh Jaya yang tidak terdata atau sensus," kata Amir.

Amir menyampaikan menurut pantauan selama ini akses internet hampir seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya kurang baik, bahkan ada desa memang tidak ada jaringan internet sehingga harus dioptimalkan secara manual.

"Harapan kita 10 atau 20 persen masyarakat bisa mendaftar secara mandiri khusus untuk para PNS dan yang tinggal di perkotaan, namun hingga saat ini masih sekitar 2 persen yang sudah mendaftar secara online," kata Amir.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020